Bukit Asam Raih Dua Penghargaan di Ajang Digitech Award 2021

Bukit Asam Raih Dua Penghargaan di Ajang Digitech Award 2021
Manager Pengembangan & Layanan Aplikasi/EIS PTBA Tarmizi (kiri) saat menerima penghargaan di Ajang Digitech Award 2021, Hotel Mulia, Jakarta, (31/03/2021).

Itechmagz.id – PT Bukit Asam, Tbk meraih dua penghargaan bergengsi di ajang Digitech Award 2021 dalam bidang Natural Resources Industries, yakni sebagai The Best Digital Technology Project dan The Best IT Development & Innovation.

Penghargaan itu merupakan bentuk apresiasi atas inovasi digital yang dilakukan perusahaan dalam proses bisnisnya. Digital bukan hanya sebagai supporting, melainkan sudah menjadi driver dalam pengoperasian seluruh proses kerjanya.

Manager Pengembangan & Layanan Aplikasi/EIS Tarmizi, yang menghadiri acara penghargaan itu mengatakan bahwa perusahaannya sudah beberapa tahun ini mengimplementasikan teknologi, baik dalam pengawasan, pengembangan dan pelaksanaan prosesnya. salah satunya aplikasi CISEA (Coorporate Information System Enterprise Application).

“Aplikasi CISEA ini mencakup beberapa menu seperti executive support – EIS, human capital management, information technology, task management, general service, BA-News, dan Mister BA,” ujarnya di sela-sela penghargaan yang diselenggarakan oleh Majalah Itech di Ballroom Hotel Mulia, Jakarta, (31/03/2021).

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa aplikasi CISEA itu seperti palu gada. Fitur-fiturnya banyak yang dimanfaatkan perusahaan. Salah satunya di aplikasi CISEA dapat mengetahui jumlah target produksi serta realisasi yang dicapai dalam harian, mingguan, maupun bulanan. Termasuk juga dalam hal penjualan atau keuangan perusahaan menggunakan aplikasi ini.

“Dengan aplikasi itu para BOD atau Top Management bisa melihat dan memantau langsung perkembangan bisnis perusahaan Batu Bara ini melalui aplikasi secara realtime dan terukur,” tegasnya.

Adanya CISEA–Mister BA, proses koordinasi monitoring proses operasi produksi menjadi lebih cepat dan efektif sehingga, apabila terjadi kendala/penyimpangan dari rencana dapat segera dianalisasi dan dilakukan pengambilan keputusan tepat guna setelahnya. Aplikasi yang dibangun secara mandiri oleh PTBA ini dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan bisnis perusahaan dengan biaya yang minim.

Selain itu ada juga aplikasi MAPO (Map of Operation). Dengan ini bisa mengontrol dan memantau pergerakan mobil atau tongkang pembawa batu bara, termasuk juga pencatatannya secara realtime via online.

Baca juga: Sukses Bertransformasi, Pelindo IV Sabet Penghargaan Digitech Award 2021

Dengan mendapatkan penghargaan itu, PTBA berharap kedepannya bisa lebih baik lagi dalam berinovasi untuk tercapainya digitalisasi bisnisnya.

“Kita akan terus berinovasi, akan mempertahankan yang sudah baik dan menggali terus mana-mana saja yang mempunyai potensi besar untuk ditingkatkan, baik dalam eksplorasi, proses produksi, dan laporan keuangan agar terus rapih dan reliable,” terangnya. (ed.AS/itechmagz.id)

1 COMMENT

Comments are closed.