PTPN V Sabet Penghargaan The Best IT Development & Innovation di Ajang Digitech Award 2021

PTPN V Sabet Penghargaan The Best IT Development & Innovation di Ajang Digitech Award 2021
Direktur PTPN V Jatmiko Krisna Santosa (kiri) saat menerima penghargaan Digitech Award 2021 di Hotel Mulia, Jakarta, (31/03/2021).

Itech, Jakarta – PT Perkebunan Nusantara V mendapatkan penghargaan prestisius tingkat Nasional di ajang Digital Technologi & Innovation (Digitech) Award 2021 sebagai perusahaan The Best IT Development & Innovation.

Acara yang diselenggarakan oleh Majalah Itech bekerjasama dengan Forti BUMN, Kemenristek/BRIN, dan BPPT serta didukung oleh para pakar dan profesional bidang Information & Communication Technology (ICT), Strategic Management, Finance, Banking, Insurance, ICT, Riset & Inovasi sebagai Dewan Juri pada acara yang digelar di Hotel Mulia, Jakarta, (31/03/2021).

Penghargaan itu diperoleh lantaran PTPN V mengimplementasikan transformasi digital yang sangat baik pada proses bisnisnya. Inovasi-inovasi yang dilakukan sangat membantu kelancaran dan pengembangan bisnis. Digital yang dikembangkan bukan sebagai supporter, melainkan sebagai driver kemajuan perusahaan.  

PTPN V sendiri dalam melakukan transformasi digital menggunakan penerapan Precision Farming dalam mendukung percepatan pengelolaan perkebunan sawit.

“Strateginya melalui digitalisasi dan Precision Farming, kita juga sudah memiliki ERP-SAP yang diharapkan dapat menjadi muara konsolidasi aplikasi, dan tools IoT lain seperti NbeX, Millena, Intank, dan lain sebagainya. Sehingga PTPN V mampu melakukan cost control, production control, dan fraud control secara efektif dan efisien,” ujar Ifri Handi Lubis, selaku PM ERP & Biogas PTPN V beberapa waktu lalu ke Itechmagz.id.

Ifri memaparkan bahwa dalam melaksanakan IT harus dibarengi dengan pelaksanaan Corporate Strategi, yaitu dengan pelaksanaan Reducing Cost dan Increasing Value. Sehingga terbentuklah Value Innovation. “IT Strategi harus inline dengan Corporate Strategy,” jelasnya.

PTPN V juga melakukan inovasi di bidang lainnya, misalnya dalam aspek administrasi, PTPN V menggunakan portal yang diberi nama E-Office PTPN V. Platform ini berfungsi untuk merubah semua sistem administrasi menjadi sistem digital, sekaligus paperless.

Kemudian peran PTPN V sebagai katalisator ekonomi juga mendapat perhatian serius dalam implementasi transformasi digital. Bersama masyarakat, mitra dan pihak terkait PPTN V melanjutkan berkomitmennya untuk tetap tumbuh positif.

Maka dari itu, selain implementasi precision farming di lahan PTPN V, para petani yang menjadi mitra juga menikmati layanan geospasial dan precision farming PTPN V. Dengan begitu, PTPN V dapat bertumbuh bersama masyarakat, mitra, dan seluruh stakeholder demi mewujudkan kesejahteraan bersama dalam berbagai aspek.

Terdapat pula aplikasi yang digunakan untuk mencatat berbagai aktifitas panen bernama ePanen. Dengan menggunakan aplikasi ini memberikan beberapa kemudahan seperti  menggantikan proses manual dengan teknologi digital, menekan biaya operasional, mempercepat pengiriman data dan informasi, dan mendukung ERP SAP.

Dengan pelbagai implementasi transformasi digital itu, maka wajar bila PTPN V berhasil mencatat margin keuntungan 7,6 persen pada 2020.  Atau laba setelah pajaknya mencapai Rp405 miliar. Ini mencatatkan rekor tertinggi dalam 12 tahun terakhir.

“Angka itu juga melonjak jauh dari raihan tahun sebelumnya sebesar Rp67,29 miliar. Kita bersyukur dari segi finansial laba setelah pajak tahun 2020 mencapai Rp405 miliar dan ini adalah rekor tertinggi sepanjang 12 tahun terakhir,” ungkap Chief Executive Officer PT Perkebunan Nusantara V (PTPN V) Jatmiko K Santosa dalam keterangannya di Pekanbaru, awal tahun 2021 kepada media.

Baca juga: Lakukan Transformasi dan Budaya Digital, BRI Raih Tiga Penghargaan Digitech Award 2021

Walau masa pandemi Covid-19, TPN V juga berhasil membukukan pendapatan hingga Rp5,3 triliun sepanjang 2020 atau hampir 27 persen lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar Rp4,18 triliun.

“Sejak 2019 kita telah menancapkan pondasi kuat untuk merubah PTPN V ke arah yang lebih baik. Ketaatan pada aturan, validitas data, transformasi digital, dan kembali ke khittah kita sebagai perusahaan perkebunan negara yang hadir untuk sawit rakyat, membantu kita dapat mengarungi tahun 2020 dengan baik hingga mencatatkan hasil yang positif,” ujarnya. (ed.AS/itechmagz.id)

2 COMMENTS

Comments are closed.