JumpStart Luncurkan Mesin Retail Pintar Pertama berbasis ESG di Indonesia

8

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, itechmagz.id – Dalam rangka merayakan hari jadinya yang ke-6, JumpStart Indonesia meluncurkan inovasi terbaru, NOD (Never Ordinary Device), mesin kapsul pintar pertama di Indonesia yang menyajikan berbagai minuman otomatis sesuai preferensi konsumen. Peluncuran diadakan hari ini di The H Club, SCBD Jakarta, menandai langkah strategis JumpStart dalam memperluas pangsa pasar ke segmen B2C, memberikan pengalaman ritel otomatis yang lebih personal dan praktis.

Sejak berdiri pada 2018 dengan fokus pada smart machine coffee untuk klien B2B2C, kini melalui NOD, JumpStart berkomitmen menjangkau pasar B2C dengan menyediakan pilihan minuman otomatis di rumah, dari kopi hingga teh, minuman herbal, dan susu, guna memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia yang semakin beragam.

Sebagai bagian dari upaya memperkuat posisinya di pasar ritel pintar, JumpStart juga memperkenalkan identitas visual barunya dengan tagline #MakeYourJoy. Rebranding ini hadir dengan pendekatan emosional yang menghubungkan produk dengan gaya hidup konsumen, menciptakan pengalaman ritel yang penuh warna dan semangat baru. Transformasi ini mengukuhkan posisi JumpStart sebagai platform ritel pintar terintegrasi, dengan target ekspansi lebih dari 20.000 unit mesin hingga tahun 2029 yang difokuskan ke seluruh pelosok Indonesia.

Brian Imawan, CEO JumpStart, menjelaskan visi di balik peluncuran NOD “Sejak 2018, kami telah mencatat pertumbuhan signifikan, baik dalam variasi produk maupun jumlah mesin yang tersebar di Indonesia, dari 454 mesin pada tahun pertama hingga lebih dari 4.000 unit tersebar berbagai kota di Indonesia di tahun 2024, ekspansi ini didukung oleh pengembangan teknologi berkelanjutan dan strategi operasional yang matang untuk memastikan layanan tetap optimal. Kami sangat antusias merayakan perjalanan enam tahun kami dengan peluncuran NOD sebagai ‘personal barista at home’ merupakan langkah strategis untuk memperluas pasar dan menghadirkan pengalaman belanja otomatis yang praktis dan nyaman, serta menginspirasi masyarakat untuk ‘make your joy’.

NOD (Never Ordinary Device) adalah satu-satunya mesin kapsul di Indonesia yang tak hanya menyajikan kopi, tetapi juga minuman non-kopi seperti teh, minuman herbal, dan susu. Teknologi canggih NOD memungkinkan pengguna mengoperasikan melalui satu sentuhan. Pengguna dapat mengontrol pembuatan minuman dengan cara mengatur kadar air di setiap minuman secara otomatis lewat aplikasi NOD. Fitur NOD yang menarik lainnya adalah   self-cleaning sehingga penghuna tidak perlu lagi harus repot-repot membersihkan mesin ini setelah pembuatan minuman. Pengguna NOD juga dimanjakan dengan fitur unggulan lainnya seperti Milk Steaming Technology untuk menghasilkan susu berkualitas tinggi dan Brew and Bloom Technology yang menghasilkan teh dengan aroma kaya.

Di awal peluncurannya, NOD menghadirkan 13 varian minuman yaitu Aceh Gayo Highland,  Bali Kintamani, Never Ordinary Blend, dan Double Power Blend (double shot), serta pilihan non-kopi dari seri teh seperti Chamomile, Red Blanc, Fruit Loose, dan Roasted Oolong Milk Tea, Senca, hingga seri fusion Kyoto Matcha Latte, Wedang Jahe, dan Wind Breaker.

Adsense

“NOD sebagai ‘your all-in-one drink solution’ yang menyasar pasar lebih luas dengan menawarkan fleksibilitas pada pengaturan resep yang dapat diakses dengan mudah melalui aplikasi. Kami ingin menciptakan pengalaman yang lebih bermakna bagi setiap pengguna, menjadikan NOD bagian dari gaya hidup keseharian mereka.” ungkap Raynald R. Soeharto, CMO JumpStart.

Sebagai upaya menyajikan produk berkualitas, NOD berkolaborasi dengan Espresso Embassy Coffee Roaster. “Kami bangga dapat bekerja sama dengan JumpStart melalui NOD dalam menghadirkan berbagai varian kopi single origin eksklusif. Dalam kolaborasi ini, kami memperkenalkan Strawberry Alien, kopi unik dari Kolombia yang diproses dengan fermentasi honey wine yeast dan strawberry infusion, menawarkan pengalaman rasa yang khas bagi para pecinta kopi. Bersama NOD, kami percaya bahwa kualitas kopi terbaik kini bisa diakses dengan mudah dari rumah,” ungkap Deni Dermanto, Founder of Espresso Embassy Coffee Roasters & Q Arabica Grade Selain itu, NOD juga menjalin kerja sama dengan merek-merek ternama lain seperti Anomali Coffee, Oat Daily, dan Singabera.

Sebagai bagian dari komitmen terhadap keberlanjutan, JumpStart juga menggandeng Mortier untuk mengolah limbah plastik dari kapsul bekas NOD menjadi berbagai produk rumah tangga, seperti tatakan gelas (coaster), kacamata, meja dan furnitur kecil. Kolaborasi ini diperkuat dengan keikutsertaan Hian Tjen, desainer ternama Indonesia dalam menciptakan gaun couture berbahan plastik daur ulang kapsul NOD, sebagai simbol komitmen JumpStart terhadap sustainable fashion.

“Merupakan suatu kehormatan bagi saya untuk berkolaborasi dengan JumpStart dalam proyek keberlanjutan yang mengangkat penggunaan limbah plastik dari kapsul NOD untuk dikreasikan menjadi gaun couture. Hal ini juga sesuai dengan komitmen kami dalam menerapkan ESG (Environmental, Social, and Governance) dalam proses desain untuk menyampaikan bahwa fesyen dapat berjalan seiring dengan keberlanjutan. Gaun ini tetap mencerminkan nilai fesyen sambil membawa pesan keberlanjutan yang kuat.” ungkap Hian Tjen, Fashion Designer Ternama Indonesia.

Melalui peluncuran NOD, JumpStart berharap dapat menjangkau lebih banyak konsumen di seluruh Indonesia melalui platform online dan pop-up store di berbagai pusat perbelanjaan. Brian menegaskan, “Indonesia kaya akan rempah-rempah dan bahan lokal yang beragam. Melalui NOD, JumpStart ingin menyediakan platform yang mendukung UMKM dengan upaya melestarikan serta berinovasi dalam minuman kopi dan non-kopi di Indonesia. Ini adalah bagian dari komitmen kami terhadap keberlanjutan, yang juga bertujuan untuk mendukung budaya lokal, sekaligus menghadirkan #makeyourjoy bagi setiap konsumen.”

Dengan inovasi yang mengedepankan kenyamanan dan keberlanjutan, JumpStart optimis bahwa pasar B2C akan mendominasi pertumbuhan di masa depan. “Kami menargetkan ekspansi yang lebih agresif untuk membawa teknologi yang ramah lingkungan dan pengalaman minuman premium langsung ke rumah konsumen,” tutup Raynald

Advertisements

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More