PT Geo Dipa Energi Sabet Penghargaan The Best IT Development & Innovation dari Digitech Award 2021

PT Geo Dipa Energi Sabet Penghargaan The Best IT Development & Innovation dari Digitech Award 2021
PT Geo Dipa Energi Sabet Penghargaan The Best IT Development & Innovation dari Digitech Award 2021

Jakarta, ItechPT Geo Dipa Energi (Persero) meraih penghargaan sebagai The Best IT Development & Innovation kategori energy services dalam ajang bergengsi Digital Technology & Innovation (Digitech) Award 2021. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Direktur Umum dan SDM Aulijati Wachjudiningsih di Ballroom 1 Hotel Mulia Jakarta, Rabu (31/3).

Direktur Umum dan SDM GeoDipa, Aulijati Wachjudiningsih mengatakan bahwa penghargaan yang diterima GeoDipa merupakan bentuk komitmen GeoDipa melalui kerja sungguh-sungguh Insan GeoDipa dalam menerapkan tata kelola perusahaan yang baik.

“Berbagai inovasi dilakukan oleh GeoDipa untuk menjalankan bisnis proses perusahaan yang lebih efektif dan efisien demi tercapainya target perusahaan yang telah ditetapkan. Teknologi digital sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari dan pemanfaatannya harus optimal untuk perusahaan,” ungkapnya.

Sebelumnya, Geo Dipa Energi menyampaikan berbagai transformasi digital dalam penjurian  pada Senin (22/03) lalu secara virtual.

“Era industri 4.0 ini begitu dekat dengan teknologi, sehingga kami menerapkan otomasi pelaporan produksi melalui dashboard monitoring system menggunakan teknologi IOT,” ujar M. Hilman Fadli, Assistant Manager Information Technology PT Geo Dipa energi.

Hilman juga menambahkan tujuh keunggulan otomasi pelaporan produksi dengan teknologi IOT di lingkungan Geo Dipa Energi.

Pertama, mempermudah manajemen dalam mengambil keputusan. Kedua, meningkatkan efektivitas/efisiensi pekerjaan sehingga produktivitas meningkat. Ketiga, monitoring secara real time terhadap kondisi lapangan. Keempat, perekaman data secara digital untuk jangka waktu tertentu. Kelima, mengurangi persentase kesalahan dikarenakan input manual. Keenam, mengakomodasi kebutuhan perhitungan artimetika maupun statistik sebagai metode pengolahan data untuk memperkaya solusi dan visualisasi data. Kemudian ketujuh, menyajikan visualisasi data dalam sebuah sistem berbasis web dalam bentuk tabel data, grafik alur waktu (trend), diagram batang, simbol-simbol representasi peralatan dan lainnya.

Baca juga: Geo Dipa Energi Terapkan Teknologi IOT untuk Otomasi Pelaporan Produksi

Ketua Penyelenggara Digital Technology & Innovation Award 2021 Irnanda Laksanawan menyebut pentingnya penggunaan teknologi digital.  Terlebih saat ini perusahaan dituntut untuk mengimplementasikan transformasi digital sebagai penyelamat  bisnisnya.

“Di era Industri 4.0 ini, teknologi digital bukan lagi sebuah pendukung bagi kehidupan, tapi kini sudah menjadi kebutuhan primer dalam kehidupan sehari-hari. Mau komunikasi, makan, belanja ini itu, bayar tagihan, transfer, belajar, dan kebutuhan lainnya kini sudah tak repot-repot lagi. Cukup klik di perangkat digital kita yang tersedia di Android atau IOS kita masing-masing,” terangnya.

Acara yang mengangkat tema “Achieving Corporate Goals Through Digital Technology Transformation & Innovation” ini juga didukung oleh para pakar dan professional bidang Information and Communication Technology (ICT), Strategic Management, Finance, Banking, Insurance, Riset dan Inovasi. (ZA)

Baca juga: Manfaatkan Comdev, PT Geo Dipa Energi Ajak Masyarakat Diskusi

Baca juga: Menperin: Patriotisme Modern itu Beli Produk Indonesia