Konsisten Transformasi Digital, PDSI Sabet Dua Penghargaan Digitech Award 2021

Konsisten Transformasi Digital, PDSI Sabet Dua Penghargaan Digitech Award 2021
Konsisten Transformasi Digital, PDSI Sabet Dua Penghargaan Digitech Award 2021

Jakarta, Itech – PT. Pertamina Drilling Services Indonesia (PDSI) sukses sabet dua penghargaan dalam ajang bergengsi Digital Technology & Innovation (Digitech) Award 2021. Dalam acara yang diselenggarakan pada Rabu (31/3) di Ballroom 1 Hotel Mulia Jakarta tersebut, PDSI dinobatkan sebagai The Best IT Development & Innovation dan The Best ICT Business Strategy dalam kategori energy services.

Acara yang mengangkat tema “Achieving Corporate Goals Through Digital Technology Transformation & Innovation” ini didukung oleh para pakar dan professional bidang Information and Communication Technology (ICT), Strategic Management, Finance, Banking, Insurance, Riset dan Inovasi. Adapun tujuan dari event ini untuk mendorong peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi ICT dan inovasi perusahaan, terutama dalam menghadapi perubahan perkembangan dunia bisnis.

Penghargaan ini diterima oleh Direktur Keuangan dan Administrasi PT. Pertamina Drilling Services Indonesia (PDSI) Desiantien.

“Kami berterima kasih atas penghargaan Digitech Award dari Majalah Itech. Semoga ke depan terus berinovasi dan transformasi lebih baik,” ujarnya.

Sebelumnya dalam penjurian pada Rabu (10/03), tim presentasi PDSI memaparkan berbagai implementasi teknologi digital.

Perusahaan penyedia jasa pengeboran ini turut merencanakan IT Service excellent sebagai rencana strategi di tahun 2021 dan 2022.

“Layanan TI nanti tidak hanya mampu mendukung operasional bisnis, tetapi juga pengembangan dan pengelolaan portofolio bisnis melalui layanan yang terintegrasi dan menyeluruh, terukur, dan terkendali,” terang Hadi Prabowo, ICT Manager PDSI.

Hadi juga menjelaskan, PDSI sudah mengimplementasikan sistem ERP SAP (Enterprise Resources Planning-System Application and Product in Data Processing) hampir di semua modul. Ia menyebutkan contoh seperti di financial accounting, controlling, materials management, human resources, dan sales & distribution.

Baca juga: Apple Watch dapat Pantau Kelemahan Pasien Kardiovaskular di Rumah

Baca juga: Produktivitas Bisnis PDSI Meningkat Usai Terapkan ERP, One Stop Solution dan LTC Online

Selain penerapan sistem ERP, PDSI juga menerapkan sistem non-ERP berbasis web atau mobile dalam satu kerangka One Stop Solution. Sistem digital tersebut ada dalam satu server secara terpusat. Server itu mencakup sensor yang tepasang di berbagai perangkat, semua terintergrasi di web atau mobile, yang bermuara pada sistem ERP SAP.

Pada ajang ini, ketua penyelenggara Digitech Award 2021 Irnanda Laksanawan menjelaskan bahwa event ini merupakan kegiatan corporate rating (award) tahunan di bidang Information & Communication Technology (ICT), Pengembangan Digital, dan Innovation.

Ia juga berharap, agar award ini mampu mendapatkan perusahaan yang unggul dan cepat menyesuaikan diri terhadap tantangan yang tidak pernah ada sebelumnya karena adanya pandemi covid-19 yang sangat mematikan.

“Kami selaku penyelenggara mengucapkan selamat kepada pemenang Digitech Award 2021. Para pemenang ini telah menerapkan penggunaan data, Artificial intelligence (AI) spesialist, dll. Selain itu, kita juga sudah berubah menjadi mega shift, termasuk stay home yang justru menjadi lifestyle. Karena hampir perusahaan-perusahaan saat ini lebih banyak kerja di rumah, dalam arti, remote working and collaboration. Inilah standar-standar kelas dunia”, kata Irnanda. (ZA)

Baca juga: Samsung Kembangkan Memori DDR5 Berbasis HKMG Pertama di Dunia Industri