Ikuti Penjurian Digitech 2021, Telkom Indonesia Optimis Sukseskan Inovasi dan Teknologi Digital untuk Masa Depan Bangsa

553

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, ItechPT Telkom Indonesia (Persero) Tbksiap kembangkan inovasi dan teknologi digital untuk masa depan bangsa. Hal ini disampaikan oleh Widi Nugroho OVP Group of Digital Business Performance & Tribe PT Telkom Indonesia dalam acara penjurian Digital Technology & Innovation (Digitech) Award 2021 secara virtual pada Senin (29/03).

Digitech Award ini merupakan kegiatan corporate rating (Award) tahunan di bidang Information & Communication Technology (ICT), Pengembangan Digital, dan Inovasi yang diselenggarakan oleh Majalah ITech.

Dalam kesempatan ini, Widi juga menyampaikan tujuan, visi dan misi perusahaan sebagai wujud komitmen Telkom untuk bangsa.

“Kami memiliki visi menjadi digital telco pilihan utama untuk memajukan masyarakat. Sementara misi kami ada tiga yakni, pertama mempercepat pembangunan infrastruktur dan platform digital cerdas yang berkelanjutan, ekonomis, dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat.  Kedua, mengembangkan talenta digital unggulan. Terakhir, mengorkestrasikan ekosistem digital,” ujarnya.

Salah satu yang terbaru adalah peran aktif Telkom dalam menangani Covid-19. Widi menyampaikan peran penting Telkom berkaitan dengan pemulihan ekonomi Nasional dan vaksinasi.

“Kami ada dua ekosistem dan produk yang turut membantu saat pandemi ini. Pertama, Telkom memfasilitasi UMKM Go Digital dengan PadiUMKM. Kedua, Telkom mengintegrasikan satu data vaksinasi melalui PeduliLindungi,” ujarnya.

PadiUMKM merupakan platform yang menghubungkan antara sembilan BUMN terdaftar dengan  berbagai UMKM untuk memudahkan transaksi. Sejak diluncurkan pada Agustus hingga akhir tahun 2020 lalu, PadiUMKM berhasil mencatat  117 miliar gross market value. Sementara PeduliLindungi merupakan satu data yang menghimpun informasi terkait tracking Covid-19, produksi dan distribusi vaksin, hingga proses pelaksanaan vaksinasi.

Baca juga: Lindungi Rumah dengan Kamera Keamanan Pribadi Teknologi Blockchain

Adsense

Strategi Telkom Selaras dengan Prioritas Nasional  

Sebagai perusahaan informasi dan komunikasi andalan Indonesia, strategi bisnis dan digital Telkom selaras dengan prioritas nasional. Widi menyebutkan beberapa contoh seperti pengembangan infrastruktur, SDM, hingga reformasi birokrasi.

“Untuk menjalankan strategi itu, maka Telkom terus berkembang. Semula memang khusus telekomunikasi, namun kini domain bisnis Telkom terbagi menjadi digital connectivity, digital platform, dan digital services,” papar Widi.

Ia menyebut produk Telkom saat ini telah mencapai ratusan produk. Beberapa di antaranya masuk dalam  digital connectivity berupa jaringan 4G, 5G, FTTx, SDN/NFV, dan satelit. Kemudian  digital platform seperti Big Data, Customer Engagement Platform Telkomsel, dan lainnya. Serta masuk dalam digital services baik berupa platform ekosistemkorporasi dan pasar umum. Dalam hal ini, PadiUMKM termasuk contoh dalam digital services dalam ekosistem korporasi.

Widi juga menyampaikan kebebasan berinovasi untuk para talenta Telkom Indonesia. Menurutnya, para talenta itu dapat memberikan ide kreatif, kemudian ide itu diinkubasi dan diakselerasikan hingga menjadi produk yang memiliki nilai bisnis.  

Selain itu, Telkom juga memberikan kesempatan untuk eksternal Telkom dalam mengakselerasikan transformasi digital. Widi menyebutkan program Indigo dan MDI sebagai contohnya.

Hadir sebagai dewan juri dalam acara ini di antaranya: Ir. Irnanda Laksanawan, MSc.Eng (MBM), PhD (Chairman for Digitech Award 2021), Dr. Ir. Haryono, M.Sc (Associate Professor in Computer Science, School of Computer Science, Binus University), Dr.Ir. Ashwin Sasongko, MSc (Ketua Komisi Teknis TIK Dewan Riset Nasional), Dr. Ir. Iding Chaidir, M.Sc (Secretary, Dewan Riset Nasional), dan Heru Sutadi (Executive Director Indonesia ICT Institute). (ZA)

Baca juga: Apple Watch dapat Pantau Kelemahan Pasien Kardiovaskular di Rumah

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More