Transformasi Digital Pertamina, Adaptasi Teknologi Canggih Menuju Efisiensi dan Inovasi

931

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, itechmagz.id –  Pertamina (Persero) mengungkapkan tengah menjalankan transformasi digital yang mengadopsi teknologi terkini seperti Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Direktur Penunjang Bisnis Pertamina, Erry Widiastono, menjelaskan bahwa transformasi digital yang sedang dilakukan bertujuan untuk menekan biaya, meningkatkan produktivitas, dan mendorong keberlanjutan bisnis.

Pertamina mempercepat transformasi digital dengan memanfaatkan teknologi seperti Internet of Things (IoT), kecerdasan buatan (AI), dan analisis big data.

“Pertamina telah menanamkan digitalisasi sebagai pilot utama untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas dan inovasi di tiap langkah bisnis,” jelasnya dalam acara Pembukaan Pertamina Digital Expo 2023, dikutip Jumat (3/11/2023).

Adsense

Selain manfaat bagi perusahaan, Erry menyebut bahwa langkah transformasi digital yang diambil oleh Pertamina telah memberikan nilai tambah dalam bentuk optimalisasi biaya seperti efisiensi, penghindaran biaya, dan peningkatan pendapatan. Pada tahun 2022, transformasi digital Pertamina telah menciptakan nilai sebesar US$ 441 juta bagi perusahaan dan US$ 36,8 juta bagi Pemerintah Republik Indonesia.

Menurut Erry, transformasi digital menjadi kunci penting bagi industri minyak dan gas, terutama Pertamina, untuk mengubah cara operasional sehari-hari. Dia menyoroti mulai dari penggunaan inspeksi berbasis sistem, pengurangan emisi karbon, hingga otomatisasi di fasilitas hulu hingga hilir sebagai bagian dari transformasi digital ini.

Selain meningkatkan efisiensi operasional, transformasi digital juga memungkinkan Pertamina untuk memenuhi kebutuhan masyarakat lebih luas. Misalnya, melalui digitalisasi SPBU, Pertamina dapat memantau ketersediaan bahan bakar di setiap wilayah, memastikan pasokan stabil dalam berbagai situasi, termasuk pada momen khusus seperti hari raya dan tahun baru, dengan menetapkan stok minimum BBM yang juga mendukung pengelolaan keuangan.

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More