Ultah ke-17, PANDI Gelar DomainFest.id

183

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tangerang, iTechMagz.id – Tanpa terasa, Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) telah berusia 17 tahun.

Sebagai bentuk perayaan atas eksistensi perusahaan, Registri Nama Domain Tingkat Tinggi Indonesia (.id) tersebut menyelenggarakan event festival Domain pertama dan terbesar di Indonesia yaitu DomainFest .id.

Berlangsung di The Breeze BSD, Tangerang pada tanggal 1-2 September 2023, seluruh peserta yang hadir berkesempatan untuk mengikuti pameran, talkshow, workshop, hiburan, games maupun doorprize berhadiah senilai jutaan rupiah.

“Event DomainFest .id yang akan dilaksanakan secara rutin setiap tahun ini merupakan bentuk komitmen PANDI dalam memajukan industri Domain, Cloud dan Hosting di Indonesia,” ujar John Sihar Simanjuntak, Ketua PANDI pada Jumat malam (1/9/2023).

Menurutnya, hal ini sesuai dengan salah satu misi PANDI yaitu berperan aktif dalam pengembangan, riset dan inovasi teknologi yang terkait dengan Internet.

“Melalui event yang dapat diikuti secara gratis ini, diharapkan seluruh kalangan masyarakat dapat terlibat dan mendapatkan insight baru tentang apa itu Website, Domain, Cloud dan Hosting serta mampu memberikan masukan untuk pengembangan infrastruktur internet ke depannya seperti penerapan blockchain, Artificial Intelligence (AI) dan lain-lain,” tambah John.

Di sisi lain, John mengungkapkan bahwa tujuan dilaksanakannya DomainFest .id ini adalah sebagai sarana berbagi informasi dan edukasi terkait industri internet, sarana networking Registrar dan pelaku industri internet lainnya secara offline.

“Kami juga ingin mendapat masukan dari masyarakat terkait pengembangan Domain .id dan program-program PANDI ke depannya serta untuk memberikan kontribusi ide dan gagasan bagi kemajuan teknologi internet Indonesia,” sahut John.

Adsense

Selama 2 hari pelaksanannya, DomainFest.id diisi dengan berbagai pameran dari Registrar maupun penyedia jasa internet serta berbagai talkshow dan workshop yang memuat insight terkini seputar dunia Domain, Cloud maupun Hosting.

“DomainFest .id terdiri dari berbagai kegiatan seperti Talkshow, Workshop, Pameran, Hiburan, Doorprize dan Games berhadiah menarik. Puncak acara dari DomainFest .id ini adalah pencanangan Domain .id sebagai Identitas Digital dan Internet Indonesia serta Relaunching s.id sebagai Microsite dan Link Shortener asli karya anak bangsa yang akan diresmikan secara langsung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia pada 1 September 2023,” jelas John.

Pandi

John juga menjelaskan bahwa dengan adanya kegiatan DomainFest .id ini diharapkan juga mampu berdampak pada pertumbuhan Domain .id sebagai Identitas Digital dan Internet Indonesia.

“Per 31 Juli 2023, jumlah Domain .id secara umum mencapai 769.965 Nama Domain dengan persentase terbesar yaitu pada Domain my.id sebesar 40,17% atau sebanyak 309.270 Nama Domain my.id. Disusul dengan Domain ~.id sebesar 28,56% atau sebanyak 219.918 Nama Domain ~.id. Melalui event DomainFest .id ini diharapkan angka ini juga dapat terus bertumbuh ke depannya,“ tutur John.

Selanjutnya, John juga menjelaskan bahwa selain kegiatan DomainFest .id, PANDI akan terus melaksanakan berbagai kegiatan dan sinergi dengan pemangku kepentingan dalam rangka memajukan industri internet di Indonesia.

“PANDI akan terus melaksanakan kegiatan-kegiatan positif ke depannya seperti kegiatan PANDI Meeting, kerjasama dengan berbagai instansi terkait sosialisasi, FGD dan workshop, serta menyelenggarakan atau terlibat dalam event-event pameran yang serupa dengan DomainFest .id ini. Sebelumnya PANDI juga telah menandatangani MoU dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia dalam rangka mendukung Domain .id sebagai Identitas Digital dan Internet Indonesia,” pungkas John.

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More