Adhi Karya Kembangkan Software Safety Management Berbasis AI Pertama di Indonesia

1

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

itechmagz.id – PT Adhi Karya (Persero) Tbk. (ADHI) kembali menegaskan komitmennya dalam inovasi teknologi konstruksi dengan meluncurkan BIM 8D, sebuah perangkat lunak berbasis Building Information Modeling (BIM) pertama di Indonesia yang dirancang khusus untuk Manajemen Keselamatan (Safety Management).

Inovasi ini merupakan add-on pada Revit yang memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk mendeteksi kondisi tidak aman (unsafe condition) dan memberikan rekomendasi proteksi secara otomatis.

Peluncuran ini diumumkan oleh Ir. Erwin Dwi Hermawan, ST., MT., Manager Biro BIM, Riset dan Inovasi IT ADHI, dalam Seminar Nasional bertajuk “Peta Jalan BIM Indonesia Menuju Standar Nasional Indonesia (SNI) BIM” yang diselenggarakan oleh BIM Institute pada 11 Agustus 2024 di ICE BSD City.

Seminar tersebut dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan di industri konstruksi, termasuk perwakilan pemerintah, akademisi, dan praktisi teknologi konstruksi.

Adsense

BIM 8D dirancang untuk berfungsi secara optimal dalam ekosistem Revit, mengintegrasikan berbagai alat untuk identifikasi dan penilaian risiko berdasarkan model 3D

Perangkat lunak ini juga mampu memberikan rekomendasi visualisasi alat keselamatan yang sesuai dengan desain bangunan, menghitung volume rekayasa untuk pengendalian risiko, serta memberikan estimasi biaya berdasarkan analisis harga satuan, baik total maupun per lantai.

Sumber: adhi.co.id

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More