itechmagz.id – bank bjb menjelang Idulfitri 1445 H menyiapkan uang tunai sebesar Rp12,5 triliun atau meningkat sebesar 11% dibandingkan realisasi kebutuhan uang tunai pada bulan Ramadan & Idulfitri di tahun sebelumnya.
Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto dalam siaran persnya, Rabu (27/03/2024) menyampaikan, penyiapan uang tunai sebesar Rp12,5 triliun, dihitung berdasarkan asumsi proyeksi kebutuhan uang tunai nasabah bank bjb yang masih banyak menggunakan uang tunai sebagai alat transaksi.
Adapun kebutuhan uang periode Ramadan dan Idulfitri 1445 H tertinggi di wilayah Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten.
“Proyeksi kebutuhan uang tunai berdasarkan trend historical rata-rata kebutuhan uang tunai bank bjb secara year on year,” kata Widi.
bank bjb memastikan, kebutuhan uang tunai pada seluruh jaringan Kantor bank bjb (Kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu, CRM & ATM) akan terpenuhi.
Untuk mengantisipasi kebutuhan uang tunai, bank bjb juga pro aktif bekerjasama dengan Bank Indonesia, dalam layanan Penukaran Kas Keliling kepada masyarakat selama periode penukaran yang ditetapkan oleh Bank Indonesia pada titik yang berlokasi di Kantor Cabang bank bjb atau area publik di wilayah kerja bank bjb.
Menyambut Lebaran, bank bjb juga menyiapkan layanan penukaran terpadu di Istora GBK melayani 300 orang penukar/hari yang telah melakukan reservasi via aplikasi PINTAR dengan melayani penukaran secara cash to cash, debit, QRIS dan metode non tunai lainnya. Adapun periode penukaran pada 28 sampai dengan 31 Maret 2024 dengan maksimal penukaran Rp4 juta/orang.
Selain di Jakarta, layanan penukaran uang juga dilakukan dibeberapa wilayah di Indonesia seperti Bandung (26 Maret – 2 April 2024), Banten (28 – 31 Maret 2024), Cirebon (25 Maret – 5 April 2024), Tasikmalaya (25 – 27 Maret dan 1 April 2024), Tegal (1 – 4 April 2024), Semarang (25 Maret – 5 April 2024), Surabaya (30 Maret 2024), Denpasar (1-3 April 2024), Pekanbaru (26 Maret 2024), Balikpapan (30 Maret 2024), Bajarmasin (20 Maret 2024) dan Makassar (26 Maret 2024).
“Masyarakat yang ingin menukar uang, melakukan pendaftaran dan menentukan lokasi penukaran menggunakan Aplikasi Penukaran dan Tarik Uang Rupiah (PINTAR) pada website www.pintar.go.id. Adapun pemberian layanan secara go-show bagi masyarakat yang tidak melakukan pendaftaran di PINTAR dapat dilakukan selama kuota masih tersedia,” ucap Widi.
Meskipun bank bjb telah mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai di masyarakat, bank bjb tetap mengimbau masyarakat untuk mengoptimalkan transaksi digital melalui channel-channel yang telah tersedia.
Nasabah bank bjb bisa dengan mudah menggunakan layanan non operasional kantor dengan e-channel seperti bjb ATM, bjb EDC, DigiCash by bank bjb, DIGI by bank bjb (DIGI Mobile, DIGI NET, DIGI SMS).
Seluruh layanan e-channel ini menyediakan sarana yang memungkinkan nasabah bertransaksi untuk berbagai keperluan tanpa harus melakukan kontak fisik, atau bahkan beranjak dari tempat. Layanan perbankan yang dapat diakses lewat e-channel bank bjb meliputi pengecekan saldo, transfer uang, pembayaran air, listrik, telepon, kartu kredit, televisi berlangganan, internet, isi ulang pulsa dan lainnya.
“Layanan ini memberikan kenyamanan dan keamanan kepada nasabah untuk melakukan transaksi perbankan. Kami juga mengimbau kepada nasabah yang menggunakan layanan e-channel untuk senantiasa waspada terhadap modus-modus penipuan dan jangan pernah memberikan data-data seperti nomor PIN, CVV dan OTP kepada siapapun,” ujar Widi.
Masyarakat pun dihimbau agar tetap berhati-hati akan segala upaya bentuk penipuan yang mengatasnamakan bank bjb. Untuk itu masyarakat diharapkan tidak melakukan transaksi perbankan menggunakan public wifi, dan mengakses link/meng-install aplikasi secara sembarangan yang sumbernya tidak jelas seperti skimming, phising dan lainnya.
Seluruh bentuk informasi seputar promo, produk dan layanan, program maupun informasi lainnya akan diinformasikan secara resmi pada channel komunikasi resmi bank bjb.
Sumber: bankbjb.co.id
Comments are closed.