GajiHub Bantu UMKM Kelola Administrasi Karyawan dengan HRIS Gratis

33

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, itechmagz.id – Di era modern seperti sekarang ini, kesejahteraan karyawan menjadi salah satu faktor penting untuk mencapai kesuksesan perusahaan. Tak hanya perusahaan besar saja, melainkan perusahaan rintisan (startup) dan UMKM pun wajib memperhatikan hal ini.

Salah satu aspek penting dalam kesejahteraan karyawan adalah kemudahan dalam mengajukan cuti. Selain meningkatkan kebahagiaan dan kesehatan karyawan, cuti yang mudah diakses juga dapat mendorong produktivitas dan kreativitas mereka.

Sebuah penelitian yang dilakukan Dr. Barbara Fredrickson, penulis buku Positivity, mengungkapkan bahwa emosi positif saat berlibur dapat meningkatkan kreativitas. Hal ini membantu karyawan untuk berpikir out of the box dan menemukan solusi inovatif dalam bekerja.

Sayangnya, di Indonesia sendiri, proses pengajuan cuti seringkali rumit dan memakan waktu, khususnya pada sektor publik. Karyawan harus mendapatkan persetujuan dari atasan, yang dapat menyebabkan penundaan bahkan penolakan.

Hal ini membuat karyawan tidak dapat menikmati hak cuti mereka secara maksimal, yang pada akhirnya berakibat pada penurunan produktivitas dan kepuasan dalam bekerja.

Kehadiran HRIS untuk Kesejahteraan Karyawan

Kehadiran Human Resources Information System (HRIS) dapat memberikan solusi yang tepat terhadap masalah kesejahteraan karyawan.

Terkait pengajuan cuti, HRIS menawarkan kemudahan bagi karyawan untuk mengajukan cuti secara online dan real-time, serta dapat mengetahui statusnya dengan cepat.

Selain itu, HRIS juga menyimpan data cuti secara akurat dan aman, sehingga baik karyawan maupun manajemen perusahaan dapat mengetahui perhitungan jatah cuti.

Tak hanya berkaitan dengan pengajuan cuti karyawan, teknologi ini juga mampu membantu perusahaan dalam mengelola penggajian karyawan, manajemen kehadiran, hingga berbagai urusan administrasi karyawan.

Saat ini, HRIS juga dapat diakses melalui smartphone, sehingga karyawan dapat melakukan presensi hingga pengajuan cuti dan izin di mana pun dan kapan pun.

Namun, meskipun teknologi ini menawarkan banyak kemudahan, hingga saat ini masih banyak bisnis yang belum menggunakan HRIS karena berbagai alasan, seperti biaya, kompleksitas, ataupun kekhawatiran akan keamanan data.

Kemudahan Mengurus Administrasi Karyawan Melalui Smartphone

Berangkat dari hal tersebut, GajiHub hadir sebagai salah satu HRIS yang dapat membantu perusahaan dalam mengelola cuti karyawan secara lebih mudah dan efisien melalui fitur employee self service (ESS).

Adsense

Fitur tersebut, memungkinkan karyawan untuk mengajukan izin dan cuti lewat smartphone mereka masing-masing. Selain kemudahan bagi karyawan, fitur ESS juga memungkinkan pemilik bisnis dan tim HR melakukan approval melalui website.

Survei terbaru oleh HR Magazine menunjukkan bahwa 1 dari 3 profesional HR mempertimbangkan untuk berhenti dari pekerjaan mereka karena menghabiskan banyak waktu untuk administratif dan tugas repetitif.

Dengan GajiHub, tim HR maupun pemilik bisnis dapat mengotomatisasi tugas-tugas tersebut, sehingga mereka dapat lebih fokus pada tugas-tugas penting yang membutuhkan strategi.

Selain fitur ESS, perusahaan juga dapat menggunakan fitur payroll, absensi mobile, HRIS, dan juga dukungan support melalui email, serta sistem keamanan data yang semuanya tersedia dalam satu paket gratis.

“GajiHub ingin semua pelaku usaha bisa merasakan kemudahan pengelolaan karyawan dan sistem payroll yang saling terintegrasi, makanya kami menghadirkan paket gratis ini,” ucap Ogi Sigit, founder GajiHub.

“Tim internal kami juga sudah melakukan riset terkait penggunaan Gajihub dalam proses  efisiensi operasional di kurang lebih 12 bisnis dengan rata rata karyawan 50 sampai 84 orang, dari data kami tersebut kami melihat mereka berhasil menghemat waktu penghitungan payroll, pajak penghasilan, dan pencatatan kasbon sampai 32 jam setiap bulan”. Lanjutnya

Tak hanya itu, Gajihub juga telah terintegrasi dengan software akuntansi Kledo, yang memungkinkan pengguna untuk mengelola sistem HR sekaligus keuangan bisnis hanya dengan satu kali input data.

“Harapannya dengan adanya paket gratis ini, UMKM di Indonesia bisa semakin maju dan mampu bersaing di tengah masa pemulihan ekonomi ini,” lanjut Ogi Sigit.

Namun perlu diingat, keberadaaan HRIS bukan untuk mengurangi tenaga HR. Melainkan sistem dapat membantu hubungan antar karyawan agar terjalin lebih baik.

Dengan mengoptimalkan berbagai fitur-fitur terbaik HRIS, proses kerja seluruh tim HR di perusahaan pun menjadi lebih mudah dan efisien.

Sekilas Tentang GajiHub

Gajihub adalah software payroll dan HR terintegrasi buatan Indonesia berbasis cloud yang dikembangkan oleh PT. Kledo Berhati Nyaman sebagai solusi kemudahan pengelolaan HR untuk semua jenis dan skala bisnis.

GajiHub memiliki berbagai paket harga, salah satunya adalah paket gratis selamanya yang diperuntukan untuk skala bisnis kecil dan menengah.

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More