Kominfo Rilis Pemiludamaipedia untuk Menjaga Kedamaian Pemilu 2024 dan Edukasi Publik

882

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

JAKARTA, Itech – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah meluncurkan Pemiludamaipedia, sebuah platform digital yang bertujuan untuk menjaga kedamaian dalam proses pemilihan umum pada pesta politik 2024.

Dalam konferensi pers di Jakarta pada Senin (4/12), Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Usman Kansong, menjelaskan bahwa platform ini memiliki peran penting dalam memastikan pemilu berjalan damai dengan menyebarkan informasi serta membangun komunikasi yang santun dan beretika di ruang publik.

Usman menegaskan bahwa Kominfo telah membentuk satuan tugas anti hoaks yang akan secara aktif memantau informasi yang berpotensi mengandung konten bermuatan kebencian yang bisa mengganggu ketertiban umum selama Pemilu 2024.

“Kami telah membentuk satuan tigas anti hoaks yang akan menyisir informasi-informasi yang terindikasi mengandung kebencian yang bisa mengganggu ketertiban umum selama Pemilu 2024,” kata Usman.

Adsense

Lebih lanjut, Kominfo akan melakukan penyebaran informasi dalam tiga tahap, yaitu sebelum pemilu, saat pemilu, dan setelah pemilu. Tahap sebelum pemilu akan fokus pada ajakan anti golput guna mendorong partisipasi masyarakat dalam pemilu 2024.

Usman juga menyoroti tingginya persentase suara tidak sah pada Pemilu 2019, mencapai 11%, meskipun partisipasi politiknya sudah mencapai hampir 82%. Dia mengungkapkan harapannya agar Pemiludamaipedia tidak hanya berperan dalam memerangi hoaks, tetapi juga dalam mendidik masyarakat tentang proses pemilu 2024. Melalui platform ini, masyarakat bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai calon presiden, wakil presiden, calon anggota DPR, dan partai politik.

Usman menambahkan bahwa kehadiran platform ini merupakan langkah Kominfo sebagai pengatur komunikasi publik. Pemiludamaipedia diharapkan dapat memberikan informasi yang komprehensif kepada masyarakat dari awal hingga akhir proses pemilu.

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More