Menjajal Vespa Elettrica, Motor Listrik Harga Rp 198 Juta

260

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, iTechMagz.id – Produsen skuter legendaris asal Italia, Piaggio, belum lama ini meluncurkan motor listrik terbaru, Vespa Elettrica.

Secara keseluruhan, model ini membawa pengalaman kendaraan listrik roda dua premium ke level yang lebih tinggi berkat performa yang powerful tetapi dengan pengalaman berkendara yang benar-benar senyap.

Dibalik tampilan klasik Vespa yang ikonik, spesifikasi Vespa Elettrica menyimpan aneka teknologi pintar dan mutakhir, mulai dari Vehicle Management System (VMS), Kinetic Energy Recovery System (KERS), Smart Charging, Combine brake system serta konektivitas canggih dengan dashboard interaktif.

Bagian menariknya, sejumlah notifikasi terkait Vespa listrik ini juga bisa diakses melalui smartphone. Pengguna cukup mengunduh aplikasi Vespa di Play Store bagi pengguna Android dan App Store bagi para pemilik perangkat iOS.

Dengan aplikasi ini, pengguna dapat memantau lokasi motor, hingga mendapatkan pengingat untuk melakukan perawatan alias servis berkala.

Kabar baiknya, iTechMagz.id berkesempatan untuk menunggangi vespa listrik berbanderol Rp 198 juta (OTR Jakarta) itu.

Berbeda dengan motor listrik pada umumnya yang punya standar, Vespa Elettrica hanya dibekali satu standar belakang saja.

Ayu Hapsari selaku BTL, PR and Communications Manager PT Piaggio Indonesia menjelaskan bahwa pemilihan standar tunggal ini tidak terlepas dari aspek keamanan untuk pengendara.

“Karena (suara) Vespa Elettrica itu senyap, terkadang pengendara tidak menyadari bahwa motor telah melaju. Jadi untuk menghindari kepanikan dan mengutamakan keselamatan pengendara, kami hanya memasangkan satu standar saja,” ujar Ayu di kawasan Senayan Jakarta pada Rabu (23/8/2023).

Adsense

Vespa Elettrica

Ketika mesin dinyalakan, getaran mesin yang dirasakan sangat smooth, pun begitu dengan suara motor yang tidak berisik dan nyaris senyap.

Pengendara akan disajikan tiga pilihan mode berkendara, yaitu Eco (normal), Power (mode ngebut), dan Reverse (mundur). Ya, Vespa Elettrica punya mode mundur dengan kecepatan maksimal 5km/jam.

Ketika motor dipacu dengan kecepatan agak tinggi, bodi motor tetap stabil. Saat menghadapi polisi tidur, remnya pakem, dan transisi ke tarikan gasnya juga sangat halus. Ringkasnya, nggak melewati fase ‘ngeden’ dulu. Oh iya, suspensinya juga mantap karena masih bisa duduk nyaman di atas jok, meski melintasi jeglukan alias polisi tidur.

Selanjutnya, ada hal yang bikin kepala geleng-geleng, yaitu kecepatan maksimal Vespa Elettrica yang bisa dipacu hingga 70 km/jam. Tentunya, kecepatan seperti ini jauh berbeda ketimbang motor listrik di pasaran yang kebanyakan hanya mentok di kisaran 50-60 km/jam.

Soal daya tahan, Vespa Elettrica bisa menempuh jarak hingga 100 km dengan pengisian ulang baterai dari 0-100% sekitar 8 jam.

Oh iya, bagasi di bawah jok motor juga terbilang luas sehingga bisa menyimpan banyak barang. Ya, kalau cuma satu helm saja sih no problemo.

Sebenarnya, masih banyak lagi kemampuan Vespa Elettrica yang bisa dieksplorasi. Namun sayangnya, sesi test drive Vespa Elettrica ini berlangsung cukup singkat karena masih banyak masyarakat yang ingin menjajal Vespa premium tersebut.

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More