iTechMagz.id – PT Bank Permata Tbk kembali mencetak pencapaian kinerja yang solid di semester pertama tahun 2023. Hal ini tercermin dari pertumbuhan Laba Operasional sebelum Provisi sebesar 25,5% menjadi Rp3 triliun dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
Meliza M. Rusli, Direktur Utama PermataBank mengatakan, “Dalam semester pertama 2023 ini PermataBank tidak hanya konsisten meningkatkan kinerja finansial perusahaan namun juga tetap menjaga kualitas asset dan portfolio kredit, terutama dalam iklim ekonomi dunia yang masih belum menentu. Di kuartal ini pula kami lebih memperkuat sinergi bersama Bangkok Bank dan meluncurkan kampanye semangat bersama One Family, One Team, sebuah langkah besar bagi perwujudan visi dan misi bersama dalam melayani nasabah kami.” Ujar Meliza dalam keterangan resminya, Senin (31/07/2023).
Pendapatan usaha PermataBank tumbuh 15,2% dibandingkan semester pertama 2022 menjadi Rp6 triliun yang dikontribusikan oleh pertumbuhan Pendapatan Bunga Bersih sebesar 14,6% menjadi Rp4,9 triliun.
Penyaluran kredit Bank pada semester pertama 2023 tercatat tumbuh sebesar 2% YoY menjadi Rp137,4 triliun, yang terkontribusi dari Kredit Pembiayaan Rumah (mortgage) dan Pinjaman Korporasi.
Bank senantiasa menerapkan kebijakan pengelolaan kualitas aset dan portfolio kredit yang pruden berdasarkan prinsip kehati-hatian setiap saat. Hal ini terlihat dari rasio Gross NPL dan rasio Loan at Risk (LAR) Bank pada Juni 2023 berada pada level masing-masing 2,9% dan 9,6%, semakin membaik dibandingkan pada Juni 2022 pada level 3,1% dan 12,2%. Di sisi lain, Bank mampu menjaga kebutuhan cadangan atas potensi penurunan resiko kredit melalui rasio NPL coverage dan rasio LAR coverage secara konservatif, masing-masing di level 272,3% dan 81,6%.
Seiring dengan perbaikan kualitas aset Bank, rasio Cost of Credit Bank pada semester pertama 2023, tercatat menurun pada level 1,8% dibandingkan 2,1% pada akhir tahun 2022.
PermataBank berkomitmen untuk terus mengupayakan penyelesaian kredit bermasalah melalui restrukturisasi, litigasi, dan penjualan asset.
Total simpanan nasabah meningkat 8% menjadi Rp185,5 triliun. PermataBank tetap fokus untuk meningkatkan dana murah CASA, dimana hingga semester pertama tahun 2023, rasio CASA masih berada di level 56,4%.
Melalui penerapan manajemen biaya yang disiplin dan efisiensi operasional yang telah dilakukan secara optimal, serta adaptasi cara kerja digital yang lebih agile, Bank berhasil membukukan rasio Cost to Income (CIR) yang semakin baik menjadi 49,9% pada Juni 2023 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar 54,2%.
Dari sisi permodalan, PermataBank merupakan salah satu bank komersial di Indonesia yang memiliki struktur permodalan yang kuat, yang tercermin dari rasio CAR sebesar 39% di atas ketentuan minimum regulasi yang berlaku. Hal ini menjadi pondasi kokoh dalam memberikan peluang pertumbuhan usaha yang lebih prospektif di masa depan, baik melalui pertumbuhan organik atau in-organik.
Sebagai imbal hasil investasi kepada para pemegang saham dan untuk menjaga struktur permodalan Bank yang optimal, pada kuartal kedua tahun 2023, PermataBank telah membagikan total dividen sebesar Rp542 miliar atau sebesar Rp15 per lembar saham dalam bentuk dividen tunai untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2022.
Semangat Baru PermataBank
PermataBank terus memperkuat posisinya sebagai universal bank dalam memberikan produk dan layanan pada seluruh segmen lintas generasi. Dalam menuju pencapaiannya didukung dengan inovasi yang berkelanjutan, baik dalam hal penawaran produk dan jasa yang relevan, yang memanfaatkan teknologi dan platform digital terkini.
Bersama dengan Bangkok Bank sebagai induk dari PermataBank, membangun secara erat di berbagai bidang seperti transaksi perbankan, trade finance, treasury, dan project finance. Selain itu bersama menyelaraskan visi dan misi bersama dalam manifesto kampanye ”One Family, One Team”. Kampanye tersebut menggambarkan kemitraan yang terjalin kuat dan komitmen untuk melayani nasabah dengan sepenuh hati.
Dalam pencapaian kinerja pelayanan, PermataBank kembali meraih Diamond Recognition – 20 Consecutive Years in Service Excellence (konvensional) dan Platinum Recognition – 10 Consecutive Years in Service Excellence (unit usaha Syariah) dalam ajang Banking Service Excellence 2023.
“Melayani nasabah dengan prinsip customer-centric dan memberikan pengalaman perbankan yang lebih cepat, efisien, dan aman merupakan kunci sukses kami dalam menjaga kesetiaan nasabah. Hal tersebut juga merupakan kontribusi dari para karyawan yang telah bekerja #DenganHati dalam melayani nasabah PermataBank.” tutup Meliza.
Comments are closed.