Review Acer Aspire Vero (AV14-51), Bukan Sembarang Laptop ‘Sampah’

116

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, iTechMagz.idMasalah sampah di Indonesia memang tidak ada habisnya.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melaporkan bahwa produksi sampah di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahunnya. Untuk itu, perlu ada pengelolaan sampah yang tepat.

Salah satu cara pengelolaan sampah yang paling tepat adalah dengan di daur ulang.

Konsep daur ulang sampah inilah yang coba diterapkan Acer dalam laptop terbarunya yaitu Aspire Vero (AV14-51). Mendarat di Indonesia pada bulan Oktober tahun lalu, Acer Aspire Vero (AV14-51) terbuat dari sampah hasil daur ulang di sebagian besar body laptop dan kemasannya. 

Mengusung desain eco-friendly berkonsep “R-E” dengan penggunaan bahan-bahan daur ulang di permukaan laptop serta kemasan Vero Green Package yang bisa didaur ulang menjadi kelebihan yang paling menonjol dari laptop ini.

Laptop ini ditujukan bagi pengguna yang memiliki kepedulian dengan lingkungan dan membutuhkan laptop dengan performa optimal yang bisa digunakan dalam berbagai kegiatan. 

Aspire Vero kini hadir dengan desain dan ukuran berbeda dari sebelumnya. Diperkuat prosesor 12th Gen Intel Core terbaru dan sudah disertifikasi Intel EvoTM, laptop ini diklaim mampu memberikan kinerja berkualitas, konektivitas lancar, dan performa yang efisien. 

Acer Aspire Vero terbaru ini juga merupakan laptop bersertifikasi Intel Evo yang memiliki performa maksimal, namun dibanderol dengan harga terjangkau.

Tidak luput performa andal dengan 12th Gen Intel Core Processors telah bersertifikasi Intel Evo Platform dengan harga terjangkau, serta SSD yang cepat dan upgradable menjadi keunggulan lain dari Aspire Vero (AV14-51). 

Sebenarnya masih banyak fitur menarik lainnya dari Aspire Vero (AV14-51) yang perlu kami ulas. Yuk, langsung saja kita bahas kemampuan laptop tersebut melalui review Acer Aspire Vero (AV14-51) ini.

Review Acer Aspire Vero (AV14- 51)

Desain Terbuat dari “Sampah”

Konsep ramah lingkungan ini dituangkan Acer dalam desain body dan kemasan Aspire Vero (AV14-51) yang berasal dari sampah yang telah di daur ulang. Meski terbuat dari sampah, laptop ini tetap terlihat premium dan elegan.

Mengusung konsep “R-E” (REview, REthink, REcycle dan REduce), semakin menunjukkan laptop ini bersahabat dengan alam.

Dengan registrasi EPEAT Silver, Aspire Vero (14 inci) dibuat dengan plastik Post Consumer Recycled (PCR) yang ramah lingkungan, lebih berkelanjutan, dan mengurangi limbah, serta mengurangi sekitar 21% emisi CO2.

Acer menerapkan komposisi 30% plastik PCR untuk membuat seluruh sasis dan bezel layar, serta 50% plastik PCR pada bagian keyboard caps.

Laptop ini diproduksi tanpa menggunakan cat, sehingga menghasilkan warna dan tekstur yang unik.

Generasi terbaru Aspire Vero ini dibalut warna biru laut (Marianna Blue) pada sekujur tubuhnya. Sesuai namanya Marianna Blue, warna ini terinspirasi dari sampah – sampah plastik dengan warna yang sama di lautan. 

Warna tersebut juga menunjukkan bahwa salah satu bagian bumi yang semakin terdegradasi dan tercemar polusi adalah lautan.

Penggunaan ocean-bound plastic dalam beberapa bagian Aspire Vero membantu mengurangi pencemaran plastik di pantai dan lautan kita.

Layar IPS berukuran 14 inci dan webcam beresolusi FHD dengan teknologi Acer TNR terbentang di bagian depan laptop ini.

Review Acer Aspire Vero (AV14- 51)

Beresolusi Full HD, layar laptop ini cocok digunakan untuk menonton film dan video, mengetik dokumen, sosial media, dan kegiatan lainnya. Disokong fitur 100% sRGB yang menjamin warna terlihat lebih cerah dan berakurasi tinggi.

Tepat di bawah layar, terdapat keyboard dan touchpad yang juga di desain ramah lingkungan. Tombol R dan E pada keyboard sengaja didesain terbalik, memperkuat pesan penting dari konsep “R-E” yang dimiliki oleh Acer

Sementara pada bagian touchpad-nya, Acer menggunakan teknologi OceanGlass yang juga dibuat dengan material plastik yang didaur ulang dari sisa sampah plastik di lautan.

Saat kami menggunakan keyboard dan touchpad untuk mengetik dokumen, mengedit foto, bermain game kasual, browsing internet dan kegiatan lainnya, keyboard dan touchpad cukup responsif.

Selain body laptop, box Vero (AV14-51) juga dibuat ramah lingkungan. Melalui desain Vero Green Package, kotak kemasan laptop ini dibuat dengan menggunakan kertas daur ulang hingga 90%. 

Acer juga menghilangkan semua kemasan busa LDPE tanpa mengurangi kualitas pelindungnya. Selain itu, untuk lebih mengurangi dampak terhadap lingkungan, Acer tidak menggunakan plastik sebagai pembungkus adaptor charger.

Kemasan laptop dan lembaran keyboard Vero terbuat dari polyester daur ulang. Polyester daur ulang memiliki keunggulan dibandingkan LDPE karena terbuat dari botol PET daur ulang dan bukan bahan baru. Ini mengurangi jumlah energi yang digunakan dalam produksi dan menghilangkan botol plastik dari lingkungan.

Adsense

Selain itu, komponen di dalam kotak kemasan dapat dirakit dan digunakan kembali sebagai stand laptop ergonomis.

Sebagai alternatif untuk membuang kotak kemasan setelah dibuka, kotak ini dapat dengan mudah dirakit dan digunakan kembali sebagai kotak penyimpanan atau pot tanaman, sehingga memberikan fungsi baru untuk memperpanjang masa penggunaan.

Dilengkapi beberapa port seperti sebuah port Thunderbolt 4, 2 port USB 3.2 port dengan salah satu berfungsi sebagai port charging features, Headphone/speaker jack, 1 port HDMI 2.1 dengan HDCP, 1 port USB 3,2 Type-CTM dengan Fast Charging, serta 1 USB Type A. Semua port tersebut diletakkan di sisi kanan dan kiri laptop.

Review Acer Aspire Vero (AV14- 51)

Performa  

Meskipun terbuat dari sampah, performa Acer Vero (AV14-51) tidak bisa disepelekan. Pasalnya, review Acer Aspire Vero (AV14- 51) berikutnya menyasar aspek dapur pacu.

Sekadar informasi, laptop Acer terbaru ini diperkuat prosesor Intel Core i5-1235U dengan arsitektur hybrid baru dengan total 10 Core (2P Core + 8E Core), 12 threads dan frekuensi maksimal 4.40 GHz.

Prosesor Intel Core i5-1235U ini terbukti mampu memberikan performa maksimal untuk bermain game casual, edit foto dan kegiatan multitasking lainnya. 

Saat kami bermain game Minecraft dan editing foto menggunakan Adobe Photoshop cukup lancar, nyaris tidak ada hambatan. Ini juga didukung GPU Intel Iris Xe Graphics yang menyuguhkan tampilan yang detail dan tajam. 

Laptop ini memiliki RAM Dual Channel 8GB LPDDR4X dan penyimpanan internal berupa SSD NVME G4 berkapasitas 512 GB yang bisa diupgrade dengan mudah.

Jadi, Anda bisa melakukan upgrade storage dengan mudah. Hanya dengan membuka cover bawah laptop.

Tersertifikasi Intel Evo platform, laptop ini bisa menyelesaikan pekerjaan dan tugas sehari-hari dimanapun dan kapanpun.

Laptop berbasis Intel Evo platform ini memberikan jaminan responsivitas, daya tahan baterai, konektivitas, audio, layar, dan desain tipis serta ringan yang luar biasa yang dibutuhkan untuk bergerak bebas dan tetap produktif.

Spesifikasi Acer Aspire Vero dirancang untuk mendukung beragam tugas, mulai dari office hingga pembuatan konten.

Apalagi laptop ini sudah disertakan sistem operasi Windows 11 Home terbaru dan pre-installed Microsoft Office Home & Student 2021 yang siap digunakan. 

Laptop ini juga sesuai untuk pengguna yang memiliki mobilitas tinggi dan memudahkan berbagai aktivitas. Saat kami mencobanya untuk mengerjakan pekerjaan harian seperti mengetik dokumen, menonton film atau video, bermain game kasual, edit foto, browsing internet dan lainnya sangat cepat dan responsif.

Selain desain yang ramah lingkungan, laptop ini mengusung daya tahan baterai yang hemat energi. Karena hemat energi juga merupakan salah satu langkah yang ramah lingkungan.

Baterai laptop ini dapat digunakan hingga 16,5 jam dan dilengkapi fitur fast charging. Terbukti, saat kami menggunakan laptop ini hingga seharian untuk melakukan beragam kegiatan, daya baterainya cukup awet dan pengisian daya cukup cepat.

Kemampuan ini juga didukung software VeroSense yang memungkinkan kami untuk memilih mode penggunaan yang dioptimalkan untuk efisiensi daya dan daya tahan baterai. 

VeroSense memiliki empat mode performa seperti Performance, Balanced, Eco, dan Eco+ yang mampu menghemat daya. Inilah ulasan lengkapnya.

  • Eco+ Mode: Penghematan baterai ekstrem dengan fungsi penting dinonaktifkan.
  • Eco Mode: Mengurangi performa untuk meningkatkan efisiensi dan daya tahan baterai.
  • Balanced Mode: Keseimbangan performa dan penghematan daya.
  • Performance Mode: Optimal untuk performa keseluruhan.

Review Acer Aspire Vero (AV14- 51)

Kesimpulan

Meski terbuat dari sampah hasil daur ulang, laptop ini tetap terlihat premium dan elegan. Performanya juga tidak bisa disepelekan.

Pasalnya, laptop ini diperkuat prosesor Intel Core i5-1235U serta SSD yang cepat dan upgradable memungkinkan kami menyelesaikan semua rutinitas dengan cepat dan tanpa hambatan. 

Apalagi layar IPS 14 inci beresolusi Full HD cocok digunakan untuk menonton film dan video, bermain game kasual, edit foto, mengetik dokumen, sosial media, mengetik dokumen dan kegiatan lainnya. 

Laptop ini memiliki baterai yang dapat digunakan hingga 16,5 jam dengan fitur fast charging dan software VeroSense yang mampu hemat daya dan hemat energi sesuai dengan konsep ramah lingkungan.

Dengan begitu, review Acer Aspire Vero (AV14- 51) dapat disimpulkan bahwa laptop ini cocok untuk para pekerja, serta pebisnis terutama bagi pecinta lingkungan.

Jika tertarik untuk meminangnya, Acer Aspire Vero (AV14-51) sudah tersedia di Indonesia sejak Oktober lalu dengan harga Rp 10.699.000 melalui Acer Official Store Indonesia secara online maupun offline. 

Advertisements

1 Comment
  1. […] ini kami berkesempatan mencoba langsung dan melakukan review Acer Swift 3 […]

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More