itechmagz.id – PT SUCOFINDO bekerja sama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) untuk mendukung proses transformasi digital dalam sistem pengelolaan arsip yang memanfaatkan fasilitas teknologi.
“Dengan transformasi pengelolaan sistem arsip secara digital ini, mampu memudahkan penemuan kembali arsip secara cepat dan tepat,” kata Direktur Sumber Daya Manusia PT SUCOFINDO Johanes Nanang Marjianto, Selasa (11/07/2023).
Selain itu, dengan pengelolaan arsip yang tepat menurut Nanang merupakan komitmen PT SUCOFINDO dalam implementasi Tata Kelola Perusahaan yang baik (Good Corporate Governance) di Lingkungan PT SUCOFINDO maupun Anak Perusahaan.
“Dengan pengelolaan yang tepat mampu menunjang pengelolaan arsip yang berorientasi pada tata kelola, serta manajemen risiko khususnya dalam data bisnis sampai investasi,” ujar Nanang.
Kepala Divisi Umum dan Manajemen Aset PT SUCOFINDO Adian Gogo melanjutkan bahwa pengelolaan arsip harus dikelola secara benar berdasarkan kaidah-kaidah dan peraturan perundangan kearsipan. Pengelolaan arsip pada BUMN harus diselenggarakan secara komprehensif dan terpadu meliputi penetapan kebijakan, pembinaan, pengelolaan arsip, dengan didukung oleh sumber daya kearsipan (Kelembagaan, SDM, prasarana dan sarana, dan pendanaan), serta perlu perhatian dan dukungan dari pimpinan BUMN.
“Oleh karena itu, kami berkolaborasi dengan ANRI untuk merealisasikan pengelolaan arsip yang tepat, Atas alasan tersebut kami melaksanakan sinergi dengan ANRI dalam Pembuatan Pedoman Kearsipan,” kata Adian Gogo.
Pedoman yang telah disusun termasuk Klasifikasi Arsip, Jadwal Retensi Arsip (JRA), dan Sistem Klasifikasi Keamanan dan Akses Arsip (SKKAA) yang telah yang diperolah dari proses wawancara dan diskusi bersama yang telah berlangsung d sejak tanggal 6 Maret – 6 Juli 2023. “Kami berharap kedepannya dengan sinergi yang telah terjalin ini dapat mengelola arsip dinamis secara efektif dan efisien,” kata Adian Gogo.
[…] yang seamless yang dapat membuka lebih banyak peluang dalam memaksimalkan aktivitas dan gaya hidup digital keseharian […]