Jakarta, iTechMagz.id – WhatsApp mengumumkan kemampuan baru yang memungkinkan lebih dari 200 juta pengguna aplikasi WhatsApp Business untuk membuat iklan Facebook dan Instagram yang mengarahkan ke WhatsApp tanpa memerlukan akun Facebook, serta cara baru untuk terhubung dengan pelanggan secara lebih efisien.
Pengumuman ini disampaikan pada Hari UMKM Internasional yang diperingati setiap tanggal 27 Juni dalam sebuah acara di Jakarta yang dihadiri oleh lebih dari 250 pelaku UMKM di Indonesia. Berikut ini upaya WhatsApp untuk mempermudah kelangsungan bisnis UMKM di Indonesia.
Buat Iklan tanpa Akun Facebook
Mulai saat ini, berbagai bisnis kecil di seluruh dunia yang menjalankan seluruh operasinya di WhatsApp akan dapat membuat, membeli, dan menayangkan iklan Facebook atau Instagram secara langsung di dalam aplikasi WhatsApp Business.
Artinya, pelaku UMKM tidak perlu memiliki akun Facebook untuk mempromosikan bisnisnya, melainkan hanya alamat email dan bentuk pembayaran dalam bertransaksi dengan konsumen.
Ketika seseorang mengeklik iklan, iklan tersebut akan membuka chat di WhatsApp sehingga mereka dapat mengajukan pertanyaan, menelusuri produk, dan melakukan pembelian.
Iklan ini merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mendorong calon pelanggan mengirim pesan kepada mereka di WhatsApp dan cara ini akan membuka peluang baru bagi bisnis kecil yang hanya menggunakan WhatsApp dan membutuhkan cara yang lebih sederhana untuk mulai beriklan.
Jangkau Lebih Banyak Pelanggan dengan Cepat
Ketika bisnis kecil menemukan pelanggan baru, mereka harus memiliki alat yang dapat membantunya terhubung dengan pelanggan secara cepat dan mudah dalam skala besar.
Mulai saat ini, WhatsApp akan mulai melakukan uji coba fitur baru dalam aplikasi WhatsApp Business, di mana bisnis kecil akan memiliki opsi untuk mengirim pesan yang dipersonalisasi kepada pelanggan mereka, seperti pengingat janji temu, ucapan selamat ulang tahun, atau bahkan informasi tentang diskon musim liburan, dengan cara yang lebih cepat dan efisien.
Daripada harus mengirimkan pesan yang sama secara manual ke beberapa pelanggan, fitur baru ini akan memberikan kemampuan kepada bisnis untuk mengirimkan pesan pribadi berisi nama pelanggan dan tombol ajakan bertindak yang dapat disesuaikan ke daftar pelanggan tertentu seperti mereka yang memiliki label khusus (misalnya, “pelanggan VIP” atau “pelanggan baru”), menjadwalkan hari dan waktu pengiriman pesan, dan kemudian melihat efektivitasnya.
Mengantisipasi kendala tersebut, WhatsApp segera menawarkan jenis pesan opsional tingkat lanjut ini secara berbayar di aplikasi WhatsApp Business yang detail selengkapnya akan dibagikan dalam waktu dekat.
“Usaha kecil di Indonesia telah menjadi pelopor dalam mengadopsi digital tools untuk membawa bisnis mereka secara online dengan sukses. Fitur-fitur baru ini akan memberi mereka akses ke alat yang secara tradisional hanya tersedia untuk bisnis besar dan membantu mereka melakukan hal yang paling penting, terhubung dengan pelanggan dan tumbuh,” kata Pieter Lydian, Country Director Meta Indonesia.
Bagi WhatsApp, bisnis kecil adalah detak jantung komunitas lokal dan kami sangat senang mendengar bagaimana alat baru ini dapat membantu mereka mempererat hubungan dengan pelanggan dan mengembangkan operasi mereka.
Comments are closed.