Wujudkan Kedaulatan Pangan, Perum Bulog Lakukan Berbagai Strategi Digital

948

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, ItechMagz.idPerusahaan Umum BULOG (Perum BULOG) adalah Badan Usaha Milik Negara yang berdiri pada tanggal 21 Januari 2003. Perum BULOG sendiri merupakan hasil peralihan kelembagaan atau perubahan status hukum Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPND) menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam bentuk Perusahaan Umum (Perum).

“Visi kami yaitu menjadi perusahaan pangan yang unggul dan terpercaya dalam mendukung terwujudnya kedaulatan pangan,” ujar Kadiv Teknologi Infomasi Perum Bulog, Joko Suryono dalam penjurian Digitech Award 2023 yang dilakukan secara daring pada Senin (27/3/2023).

Dalam mewujudkan kedaulatan pangan tersebut, Perum Bulog melakukan berbagai strategi digital.

“Dalam rangka mendukung keberhasilan strategi digital, Perum BULOG mengembangkan aplikasi demi memenuhi kebutuhan internal maupun eksternal untuk menekan biaya dan overhead serendah mungkin,” ujar Joko.

Selain itu, kata Joko, dalam menjalankan dan mengembangkan proses dan tugas, Perum BULOG memanfaatkan teknologi digital untuk mendorong manajement strategis dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas bisnis.

Adsense

“Untuk pemanfaatan data operasional dan keuangan, kami terjemahkan ke dalam bentuk Dashboard Eksekutif agar mudah dipahami oleh Board of Director (BoD) dengan tujuan dapat membantu serta mendukung pengambilan keputusan dan perencanaan strategi bisnis yang efektif,” lanjut Joko.

Selain dashboard untuk Board of Director (BoD) Perum BULOG, untuk mempermudah koordinasi dengan Kementerian BUMN Perum BULOG membuat dashboard BUMN Performance Cockpit.

“Sama seperti sebelumnya, untuk pemanfaatan data operasional dan keuangan, kami terjemahkan ke dalam bentuk Dashboard BUMN Performance Cockpit dengan tujuan dapat memudahkan Kementerian BUMN dalam memonitoring performa keuangan dan operasional Perum Bulog,” ujar Joko.

Sebagai informasi, Digital Technology & Innovation Award (Digitech Award) adalah kegiatan corporate rating (Award) di bidang Information & Communication Technology (ICT), Pengembangan Digital, dan Innovation. Tujuan dari penghargaan ini adalah untuk menghadirkan inisiatif transformasi & inovasi digital terbaik di kelasnya, seperti menciptakan cara baru dalam mengoperasikan dan mengembangkan bisnis melalui cloud, seluler, big data/AI, rantai blok, atau penggunaan teknologi pendukung lainnya. Majalah Itech Magz sendiri telah mengadakan award tahunan Digital Technology & Innovation Award ini sejak 2016.

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More