Jakarta, Itech – Signify (Euronext: LIGHT), pemimpin dunia di bidang pencahayaan, melanjutkan komitmennya untuk menghadirkan akses pencahayaan bagi masyarakat Indonesia yang kurang terlayani.
Program andalan Signify, “Kampung Terang Hemat Energi” (KTHE), baru saja merampungkan pemasangan lampu di Kampung Siwalankerto, Surabaya, Jawa Timur, bersama pengajar dan desainer pencahayaan Margareth Sunjoto S.T, M.Sc, dari Universitas Ciputra Surabaya, Jawa Timur. Proyek pencahayaan sosial ini membuat area pemukiman warga dan area publik yang padat tersebut menjadi lebih terang dan lebih aman.
Terletak di Surabaya Selatan, Kampung Siwalankerto merupakan salah satu kelurahan yang terdiri dari 38 rukun tetangga (RT) dan 6 rukun warga (RW), serta dihuni oleh lebih dari 16.000 penduduk (data 2020). Tingginya biaya listrik membuat banyak warga tidak bisa menyalakan lampu sepanjang malam, membuat beranda atau teras, dan gang di depan rumah mereka gelap gulita. Selain itu, kepadatan kawasan juga mempengaruhi pencahayaan di area publik, di mana sumber listriknya sulit dijangkau.
“Banyak warga Kampung Siwalankerto menghadapi masalah keamanan dan keselamatan saat melewati gang-gang di kawasan yang sempit, tidak rata, dan gelap. Kami menghubungi Signify Indonesia untuk mendapatkan bantuan, karena perusahaan ini dikenal dengan program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan-nya, menerangi banyak desa di daerah terpencil di seluruh Indonesia,” jelas Margareth Sunjoto S.T, M.Sc, pengajar dan desainer pencahayaan di Universitas Ciputra Surabaya yang memimpin proyek tersebut.
Signify Indonesia mendonasikan dan memasang 94 unit bohlam Philips LED, dan 46 unit Philips Essential SmartBright Solar Floodlight untuk jalan utama di Kampung Siwalankerto. Mengatasi masalah biaya listrik, bohlam Philips LED yang diserahkan kepada warga menyediakan pencahayaan yang tidak hanya hemat energi dan tahan lama, tetapi juga hemat biaya, sehingga, dengan sedikit perawatan, menghemat tagihan listrik mereka. Philips Essential SmartBright Solar Floodlight memudahkan pengguna untuk melakukan pemasangan sendiri (Do-It-Yourself) karena semua komponen disertakan dalam satu set kotak, dilengkapi dengan pengontrol jarak jauh infra merah – untuk memudahkan konfigurasi luminer sesuai kebutuhan – dan Panel PV Polycrystalline. Lampu ini cocok diaplikasikan di area parkir luar ruangan, fasilitas umum, rumah pribadi, taman maupun kawasan industri, bahkan di area yang sulit terjangkau atau terakses oleh jaringan listrik seperti di gang-gang.
“Sebelumnya, kami mencemaskan keamanan dan keselamatan di lingkungan perkampungan karena sulitnya mendapatkan lampu dan listrik untuk ruang terbuka tersebut. Kini, dengan adanya solusi pencahayaan dari Signify Indonesia, warga merasa lebih aman, dan jalan utama terlihat lebih terang,” ujar Zulaikhah Susilowati, Ketua RW 06 Kampung Siwalankerto.
“Kami selalu senang mengetahui bahwa program Kampung Terang Hemat Energi (KTHE) yang kami lakukan telah membawa begitu banyak kegembiraan dan dampak positif bagi masyarakat di daerah tersebut. Pengakuan yang diberikan atas program CSR kami semakin memicu semangat kami untuk terus melakukan hal terbaik yang dapat kami lakukan yaitu, menghadirkan akses pencahayaan,” kata Dedy Bagus Pramono, Country Leader Signify Indonesia.
Signify selalu mencari cara untuk membuka potensi luar biasa dari cahaya untuk kehidupan yang lebih cerah dan dunia yang lebih baik, dan percaya bahwa inovasi pencahayaan, khususnya teknologi tenaga surya, dapat membantu lebih banyak masyarakat mengakses daya yang murah, portabel, dan bersih untuk mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kualitas hidup secara signifikan dan bermakna.
Tahun ini, Signify Indonesia menerima dua penghargaan terkait Corporate Social Responsibility (CSR) untuk program KTHE. Penghargaan Karsa Tahta Utama CSR Indonesia 2022 merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Majalah CSR Indonesia kepada perorangan, perusahaan, kementerian, dan pemerintah, yang dinilai memiliki aktivitas CSR yang unik dan khas bagi masyarakat dan lingkungan. Penghargaan Top Corporate Social Responsibility dalam Corporate Social Responsibility Activity didasarkan pada tiga parameter: konsep CSR, dampak CSR serta nilai donasi CSR, dan diberikan oleh Infobrand.id dan Tras n Co Indonesia yang melakukan penilaian terhadap lebih dari 300 perusahaan di Indonesia.
Comments are closed.