Meta Luncurkan Akselerator Startup dengan Kementerian TI India Dalam Dorongan Metaverse

66

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, Itech- Meta Platforms melihat ekosistem startup India yang sedang berkembang saat ini meningkatkan keinginannya untuk mengembangkannya pada dunia metaverse.

Raksasa sosial telah bermitra dengan pusat startup Kementerian TI India untuk meluncurkan akselerator di negara itu untuk memperluas inovasi dalam teknologi baru termasuk augmented reality dan virtual reality, kata para pejabat Selasa.

Upaya MeitY Startup Hub dan Meta, yang disebut XR Startup Program, akan bekerja dengan 40 startup tahap awal dan membantu mereka dalam penelitian dan pengembangan serta mengembangkan produk dan layanan yang dapat diterapkan.

Setiap startup juga akan menerima hibah lebih dari $25.000, kata raksasa Amerika itu.

Program ini, yang didukung oleh Program XR dan Dana Penelitian Meta senilai $50 juta, awalnya akan memilih 80 startup untuk menghadiri bootcamp. Hal ini juga akan membantu startup dalam menemukan pelanggan, menjalin hubungan, dan mengumpulkan dana, kata Meta.

Rajeev Chandrasekhar, Menteri Negara untuk Elektronika & Teknologi Informasi dan Pengembangan Keterampilan dan Kewirausahaan, mengatakan program ini terutama ditujukan untuk membantu mendorong inovasi teknologi di kota-kota kecil.

Program Startup XR adalah yang terbaru dari partisipasi Meta yang berkembang dalam upaya peningkatan keterampilan pasar Asia Selatan. Perusahaan, yang layanan Facebook dan WhatsApp-nya mengidentifikasi India sebagai pasar terbesar mereka menurut pengguna, bermitra dengan Central Board of Secondary Education, badan pemerintah yang mengawasi pendidikan di sekolah swasta dan negeri di negara itu, untuk meluncurkan kurikulum bersertifikat tentang keamanan digital dan online kesejahteraan, dan augmented reality bagi siswa dan pendidik di negara ini.

Adsense

Program yang akan dilaksanakan oleh empat institusi India termasuk IIT Delhi, juga akan menjadi tuan rumah “tantangan besar” untuk inovasi dalam kategori termasuk pendidikan, perawatan kesehatan, hiburan, agritech, aksi iklim, keberlanjutan dan pariwisata, kata raksasa Amerika itu.

“India akan memainkan peran penting dalam menentukan teknologi masa depan. Keputusan dan investasi yang dibuat di India sekarang membentuk diskusi global tentang bagaimana teknologi dapat memberikan lebih banyak peluang ekonomi dan hasil yang lebih baik bagi masyarakat. Sangat penting bagi kami untuk membantu menciptakan ekosistem yang memungkinkan startup dan inovator teknologi India untuk membangun fondasi metaverse,” kata Joel Kaplan, VP of Global Policy di Meta, dalam sebuah pernyataan seperti yang dikutip dari techcrunch.com pada Rabu (14/09).

Ketertarikan Meta untuk bekerja sama dengan startup di India juga bukan hal baru. Perusahaan telah mendukung tiga startup di negara tersebut termasuk platform perdagangan sosial Meesho dan grup pendidikan online Unacademy.

“Adopsi teknologi India yang cepat dikombinasikan dengan kumpulan besar talenta teknologi menempatkan negara ini pada posisi yang menguntungkan untuk membentuk masa depan internet,” kata Ajit Mohan, VP dan MD Facebook India, dalam sebuah pernyataan.

“Agar masa depan ini adil, diperlukan partisipasi aktif dari semua pemangku kepentingan, termasuk pengembang, bisnis, pencipta, pembuat kebijakan, dan pengusaha. Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan MeitY Startup Hub dan berharap Program Startup XR akan bertindak sebagai katalis untuk membuka kunci penggunaan teknologi yang imersif di berbagai sektor seperti pendidikan, perawatan kesehatan, agritech, dan pariwisata, tidak hanya di India tetapi di seluruh dunia.” (DAF)

Baca Juga: Twitter Sebut Bug Keamanan Android Berikan Akses Ke Pesan Langsung

Baca Juga: Meta Uji Platform Live Streaming Bagi Influencer Bernama Super

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More