Gen Z Cenderung Memilih TikTok Untuk Cari Informasi Ketimbang Google

111

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

itechmagz.id -Google berisiko kalah populer dengan TikTok dan Instagram di kalangan pengguna generasi Z di masa mendatang.

Selama tiga tahun belakangan ini, TikTok menjadi aplikasi yang paling populer di dunia. Tak heran bila TikTok menjadi ancaman bagi platform media sosial lainnya, termasuk platform video bikinan Google, YouTube.

Namun, ancaman TikTok terhadap bisnis Google tak hanya terbatas pada YouTube. Kini, layanan utama Google seperti Google Search dan Google Maps juga ikut terancam.

Musababnya, alih-alih Google Search dan Maps, sejumlah pengguna internet yang masuk dalam kelompok generasi Z (Gen Z) lebih mengandalkan TikTok dan Instagram untuk menemukan sesuatu.

Hal tersebut diungkap oleh Prabhakar Raghavan, seorang wakil presiden senior di Google yang menjalankan Knowledge & Information organization.

“Dalam penelitian kami, hampir 40 persen anak muda, ketika mereka mencari tempat untuk makan siang, mereka tidak membuka Google Maps atau Google Search, melainkan mereka membuka TikTok atau Instagram,” kata Raghavan dalam sebuah diskusi.

Lebih lanjut, Raghavan mengatakan, kueri atau pertanyaan yang dimasukkan pengguna muda sangat berbeda dari yang biasa didapatkan Google. Hal ini menyadarkan bahwa pengguna muda memiliki harapan dan pola pikir baru yang berbeda dari yang biasa ditemukan Google.

Adsense

Berdasarkan Power User Curve di Consumer Intelligence dari Sensor Tower, TikTok merupakan aplikasi dengan basis pengguna paling aktif kedua jika dibandingkan dengan pesaingnya, tepatnya 29 persen pengguna secara aktif mengakses aplikasi per hari setiap bulan pada Q2 2022.

Laporan ini turut menyebut secara global, rata-rata pengguna TikTok menghabiskan waktu selama 95 menit per hari pada kuartal kedua 2022, empat kali lebih tinggi dari durasi rata-rata yang dihabiskan pengguna di Snapchat selama 21 menit.

Selain itu, durasi pengguna TikTok tersebut juga tiga kali lebih tinggi dibandingkan dengan pengguna di Twitter selama 29 menit, dan hampir dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan Facebook selama 49 menit dan Instagram selama 51 menit.

Sementara itu, YouTube mencatat durasi rata-rata tertinggi kedua yang dihabiskan pengguna per hari di platform pada Q2 2022, selama 74 menit. Sebelumnya, TikTok mengumumkan telah mulai mengatur ulang rute data pengguna Amerika Serikat (AS) ke server milik Oracle. (AF)

Baca juga : Barata Indonesia Ekspor Komponen Kereta Api Ke Amerika Serikat

Sumber : Kompas.com

Advertisements

1 Comment
  1. […] Baca juga :  Gen Z Cenderung Memilih TikTok Untuk Cari Informasi Ketimbang Google […]

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More