Sekarang Isi e-toll Tak Perlu Repot Saat Mudik, Bagaimana Caranya?

435

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, Itech-  Pemerintah memutuskan Tahun 2022 seluruh masyarakat Indonesia diperbolehkan untuk mudik ke kampung halaman yang mana pada 2 tahun sebelumnya tidak diperbolehkan dikarenakan Covid-19.

tentunya dalam perjalanan membutuhkan persiapan diantaranya yaitu Kartu uang elektronik menjadi salah satu barang yang harus dibawa saat mudik Lebaran 2022. Pasalnya, kartu ini diperlukan untuk melakukan berbagai pembayaran elektronik, termasuk jalan tol (e-toll).

Kartu uang elektronik menyimpan sejumlah nominal saldo rupiah di dalam kartu. Pengguna perlu melakukan top-up atau pengisian terlebih dulu sebelum menggunakan kartu tersebut.

Pengisian dapat dilakukan di ATM yang sesuai bank penyedia kartu, gerai retail seperti Indomaret atau Alfamart serta bisa juga dari perangkat ponsel yang mendukung teknologi Near Field Communication (NFC).

Cara paling mudah tentu saja dengan mengisi lewat ponsel yang memiliki fitur NFC. Hal ini dikarenakan pengguna tidak perlu repot mencari ATM atau toko retail.

Berikut cara mengisi kartu elektronik melalui ponsel NFC:

Adsense

1. Aktifkan fitur NFC pada ponsel
2. Pilih aplikasi Shopee atau Tokopedia
3. Pilih kolom “Pulsa, Tagihan & Tiket” di Shopee atau “Top-Up & Tagihan” di Tokopedia
4. Pilih Uang Elektronik
5. Pilih Cek Saldo
6. Tempelkan kartu uang elektronik pada bagian belakang ponsel pintar
7. Saldo kartu uang elektronik akan muncul di layar
8. Pilih Top Up
9. Pilih nominal top-up
10. Lakukan pembayaran
11. Lakukan cek saldo kembali
Itu adalah cara untuk mengisi saldo kartu uang elektronik. Cara ini dapat digunakan untuk kartu uang elektronik jenis BRIZZI, E-money, dan BNI Tap Cash.

Khusus untuk pengguna kartu uang elektronik Flazz, pengguna dapat melakukan cek saldo melalui aplikasi perbankan BCA Mobile.

Sayangnya, aplikasi ini tidak dapat melakukan top-up saldo, sehingga pengguna perlu mendatangi ATM atau toko retail untuk mengisi saldo kartu elektronik.

Lebih lanjut, selain untuk membayar jalan tol, kartu uang elektronik juga dapat digunakan untuk melakukan pembayaran di sejumlah toko retail.

Melakukan pembayaran dengan kartu uang elektronik akan memudahkan pengguna dalam bertransaksi sehingga tidak perlu terlalu banyak membawa uang tunai saat mudik Lebaran 2022.(AF)

Baca juga : BRI Lengkapi BRImo dengan Fitur Transfer Internasional, Pelajar di Luar Negri Tak Perlu Bingung

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More