Wow, Pertamina Dapat Angin Segar Sumber Harta Karun!

163

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta Itech – PT Pertamina Hulu Energi tengah berupaya menggenjot produksi migas. Subholding Upstream Pertamina, mengumumkan adanya temuan baru minyak dan gas bumi di awal tahun ini.

Lokasi penemuan angin segar terdapat di sumur eksplorasi Manpatu-1x, sementara sumur kedua di Sumur Eksplorasi Sungai Gelam Timur-001 (SGET-001) yang berada di sekitar Field Jambi.

Direktur Utama Pertamina Hulu Energi Budiman Parhusip mengatakan bahwa terdapat pencapaian yang cukup baik di sektor hulu Pertamina pada awal tahun ini. Pasalnya, hingga Februari perusahaan telah menemukan adanya temuan baru berupa gas dan minyak.

“Manpatu dan Sungai Gelam Timur. Kedua keduanya sumur discovery. Jadi kalau Manpatu sumur discovery gas, ada kondesat, dan Sungai Gelam Timur ini minyak,” kata dia dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi VII DPR RI, Rabu (6/4/2022).

Hasil dari dua temuan sumur itu, Pertamina mengestimasikan cadangannya mencapai 30 juta barel setara minyak (BOE). Namun demikian, perusahaan sampai saat ini masih dalam tahap evaluasi.

Tahun ini Pertamina sendiri menargetkan penambahan cadangan migas hingga 755 juta BOE. Sementara tambahan sumber daya mencapai 222 juta BOE.

Untuk diketahui, di tahun ini perusahaan berencana untuk mengebor 813 sumur pengembangan. Kemudian, perusahaan juga akan melaksanakan kegiatan kerja ulang lapisan atau work over sebanyak 587 sumur.

Adsense

Guna mendukung beberapa pekerjaan di tahun ini, perusahaan telah menyiapkan dana segar sebesar US$ 3,5 miliar atau sekitar Rp 50,29 triliun untuk pengembangan di sektor hulu.

“Capital investment kita sekitar hampir mencapai US$ 3,5 miliar, jadi ini sangat besar mencakup seluruh proyek,” kata Budiman beberapa hari lalu.

Adapun untuk tahun-tahun berikutnya dia optimistis kegiatan pengeboran perusahaan migas pelat merah ini akan terus moncer. Bahkan, pada 2023 mendatang targetnya lebih dari 1.000 sumur pengembangan.

Di samping itu, perusahaan juga terus berupaya untuk menemukan temuan baru melalui kegiatan eksplorasi, sehingga cadangan migas perusahaan dapat meningkat.

Meski demikian, program-program yang akan dilaksanakan oleh perusahaan ini tentunya juga akan mendapati sejumlah tantangan tersendiri, mulai dari perizinan, penyediaan lahan, hingga ketersediaan rig pengeboran di lapangan.

MAN

Baca juga : Transaksi QRIS Tumbuh Semakin Kuat

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More