Perkuat Hubungan Bilateral, Menlu Mesir Kunjungi Indonesia

92

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, Itech – Sameh Hassan Shoukry selaku Menteri Luar Negeri Mesir menemui Menlu Retno Marsudi di Jakarta pada Jumat (18/3). Pada kunjungannya, Menlu Sameh Hassan Shoukry berniat ingin memperkuat kerja sama bilateral antara Indonesia dan Mesir.

Menlu Retno Marsudi mengatakan bahwa ada tiga topik yang dibahas dalam pertemuan bilateral tersebut.

“Pertama, kerja sama kesehatan. Kami sepakat untuk memperkuat komitmen dalam menyuarakan kesetaraan akses vaksin sebagai alat penting untuk keluar dari pandemi,” kata Retno Marsudi, Jumat (18/3/2022).

“Dalam hal ini, saya menyebutkan pentingnya pertukaran pengalaman juga sebagai praktik terbaik di industri vaksin kami.” Sejalan dengan salah satu prioritas Indonesia untuk Presidensi G20, Retno Marsudi menyebut juga sepakat bekerja sama untuk memperkuat arsitektur kesehatan global.

“Kedua, tentang pemulihan ekonomi pasca-pandemi. Mesir adalah mitra dagang terbesar ketiga di Timur Tengah. Meskipun pandemi, nilai perdagangan antara kedua negara kita pada tahun 2021 telah meningkat 57,6% menjadi US$ 1,86 miliar.”

“Dalam waktu dekat, Indonesia dan Mesir akan menandatangani MoU Pembentukan Gabungan Komite Perdagangan antara Menteri Perdagangan kedua negara. MoU ini diharapkan dapat mempercepat kemungkinan kesepakatan perdagangan preferensial antara Indonesia dan Mesir.”

Adsense

Retno menekankan bahwa kedua pihak juga sepakat untuk lebih mengeksplorasi investasi yang lebih besar di kedua negara kami.

“Dan ketiga, tentang kerjasama pendidikan. Apresiasi saya sampaikan kepada Pemerintah dan rakyat Mesir untukperhatian besar yang diberikan kepada ribuan pelajar Indonesia saat ini terdaftar di Mesir.”

“Khususnya di Universitas Al Azhar dan kami membahas fasilitasi dan akses kesehatan bagi masyarakat Indonesia mahasiswa khususnya di masa pandemi.”

MAN

Baca juga : Bantu Distribusi Logistik Pemilu, KPU Bersinergi dengan Pos Indonesia

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More