Jelang Pemili 2024, BOI Research Luncurkan Aplikasi Voting

290

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

itechmagz.id –  Menjelang Pemilu 2024, lembaga riset dan penelitian BOI Research mengembangkan Aplikasi Voting Advice untuk membantu pemilih muda lebih memahami pilihan politiknya.

“Dengan adanya Pemilihan Umum 2024 mendatang, BOI Research melihat acara demokrasi ini sebagai tanggung jawab untuk membantu masyarakat menemukan informasi yang dibutuhkan untuk menentukan pilihannya” ujar Peneliti BOI Research, Maria Angelica Christy dalam keterangan persnya, Senin (17/1/2021).

Pemilih muda diharapkan menguasai sepertiga dari total pemilih terdaftar pada pemilihan umum 2024. Baik dalam proses pemilu maupun partisipasi publik, kaum muda memainkan peran sentral dalam demokrasi Indonesia. Selain memiliki suara politik yang besar, anak muda akan menjadi penentu kebijakan di masa depan.

“BOI Research memandang hal ini sebagai urgensi pendidikan politik untuk memastikan bahwa kaum muda terlibat aktif dalam mengawal dan terlibat dalam perjalanan demokrasi Indonesia” jelasnya

Adsense

Itu sebabnya Kawula17 ada di sini. Kawula17 adalah Aplikasi Voting Advice (VAA) atau aplikasi/platform online yang menginformasikan kepada pengguna untuk lebih memahami pilihan politik mereka pada isu-isu politik dan sosial saat ini dan sikap partai politik terhadap isu-isu tersebut. VAA Kawula17 gratis dan dapat diakses oleh semua orang tanpa kecuali. Hal ini untuk memastikan bahwa semua warga negara Indonesia dapat memiliki akses untuk pendidikan politik.

Di Kawula17, pengguna akan menentukan posisinya di setiap pernyataan yang diberikan. Pernyataan-pernyataan tersebut didasarkan pada isu/kebijakan yang sedang dibahas oleh masyarakat, DPR, dan pemerintah. Melalui pilihan tersebut, Kawula17 akan mencocokkan jawaban pengguna dan melihat seberapa dekat dibandingkan dengan sikap partai politik Indonesia saat ini. Kawula17 berupaya membantu pemilih memahami preferensi dan pilihan politik mereka, terutama kaum muda. Pada 2024, Kawula17 berharap pemilih (muda) dapat memilih berdasarkan alasan dan lebih mampu memantau jalannya pemerintahan yang baru terpilih.

Oktober lalu, Kawula17 meluncurkan survei percontohan di kalangan siswa. Survei percontohan ini bertujuan untuk memahami relevansi isu-isu yang tersedia di VAA Kawula17 dengan kebutuhan dan sikap para siswa tersebut. Antusiasme kaum muda membuat BOI Research semakin yakin bahwa platform diskusi dan platform pendidikan politik sangat dibutuhkan saat ini, lebih dari sebelumnya. Sebanyak 291 tanggapan terkumpul, tersebar di setidaknya 14 universitas di Indonesia. (Mr)

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More