BPPT Innovator Awards 2020 Digelar

37

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, Itech- Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) akan menggelar  BPPT Innovator Awards 2020 pada tanggal 10 Desember 2020. Kepala BPPT Hammam Riza menjelaskan, bahwa gelaran tersebut diharapkan bisa menumbuhkan motivasi bagi para pegiat teknologi.

“Penganugerahan BPPT Innovator Awards 2020 ini adalah yang ketiga kali digelar setelah sukses dilaksanakan pada tahun 2018 dan 2019 lalu. Pemberian penghargaan ditujukan sebagai pendorong dan motivasi bagi inovator teknologi, agar karyanya semakin berdaya saing,” ujar Hammam, di Jakarta, Jumat (4/12/2020).

BPPT Innovator Awards 2020 berhasil mendapatkan beberapa pemenang melalui hasil penilaian yang dilakukan oleh para juri. Penilaian tersebut berdasarkan lima asas yang harus dipenuhi, seperti asas inovasi atau invensi, asas kreatif, asas efisien dan efektif, asas nilai tambah, serta asas manfaat.

Adapun tema untuk BIA 2020 adalah “Kebangkitan Inovasi Teknologi Anak Negeri Dalam Upaya Pemulihan Ekonomi Dampak Pandemi Covid-19”, dengan 2 kategori penilaian  yaitu Ketegori Internal BPPT dan Kategori Eksternal.

Semua penerima award tersebut mendapatkan medali, plakat dan hadiah uang tunai senilai Rp20 juta, Rp30 juta,  dan Rp50 juta. “Saya memberi apresiasi kepada para peserta yang mendaftarkan karya inovasinya. Jumlah peserta mendaftar ada 187 peserta individu dan team, ini menunjukkan tren yang semakin positif,” kata Hammam.

Adsense

Menurut Hammam, pemberian penghargaan seperti BIA ini perlu diadakan secara berkelanjutan kepada insan maupun instansi/lembaga/perguruan tinggi/perusahaan yang mampu berprestasi melalui upaya Inovasi dalam karya. Karya nyata produk teknologi itu meliputi bidang Teknologi Pangan, Teknologi Kesehatan, Teknologi Energi Kelistrikan, Teknologi Energi Bahan Bakar.

Kemudian Teknologi Informasi dan Komunikasi, Teknologi Elektronika, Teknologi Transportasi, Teknologi Pertahanan dan Keamanan, Teknologi Basis Manufaktur. Serta Teknologi Material, Teknologi Sumber Daya Alam, Teknologi Maritim, Teknologi Kebencanaan, Teknologi Lingkungan, Teknologi Proses Industri Kimia, dan Teknologi Manajemen Industri.

“Penganugerahan BPPT Innovator Awards 2020 pun, diharapkan mampu mendorong semangat para sumber daya manusia lokal dalam memajukan Indonesia yang mandiri dan berdaya saing melalui Iptek untuk menuju Indonesia Maju, dengan bekal inovasi karya anak bangsa,” pungkas Hammam.

Sebagai informasi, dalam rangkaian acara BIA 2020, BPPT menyelenggarakan beberapa webinar , yaitu  Inovasi Desain Teknologi Wahana Angkut ALPO (Anjungan Lepas Pantai Pasca Operasi); The 2020 IEEE Asia-Pacific Conference on Gescience, Electronics and Remote Sensing Technology (AGERS) dengan tema “Understanding the Interactionof Land, Ocean and Atmosere : Disaster Mitigation and Regiional Resillience” ,  “Sistem Inovasi: Upaya Peningkatan Daya Saing Nasional di Era Pandemi”, “ Peningkatan Penggunaan Implan Tulang dan Gigi Merah Putih Melalui Optimasi Peran Komponen Ekosistem Inovasi Nasional’,  “Inovasi  KBLBB”, dan  Menakar Produk Inovasi Dalam Negeri : Pengalaman TFRIC-19 Membangun Ekosistem Inovasi untuk COVID-19.

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More