Singapore Airlines dan OpenAI Tingkatkan Pengalaman Pelanggan dan Efisiensi Operasional

5

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

itechmagz.id – Singapore Airlines (SIA) dan OpenAI menjalin kerja sama untuk mengembangkan dan mengimplementasikan solusi Generative Artificial Intelligence (GenAI) canggih untuk SIA. Kolaborasi ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan oleh OpenAI bersama maskapai penerbangan ternama di dunia.

Teknologi ini mampu memahami dan menafsirkan teks, audio, diagram, serta video untuk meningkatkan kemampuan layanan pelanggan SIA, sekaligus menyederhanakan proses guna meningkatkan efisiensi operasional dan produktivitas staf.

Kedua perusahaan ini akan memulai kemitraan dengan meningkatkan asisten virtual berbasis AI yang saat ini tersedia di situs web SIA. Dengan memanfaatkan fitur-fitur yang sudah ada, seperti fitur rekomendasi penerbangan, SIA akan menghadirkan pengalaman yang lebih lancar dan intuitif bagi pelanggan dalam merencanakan, memesan, dan mengatur perjalanan mereka.

Asisten virtual yang telah ditingkatkan ini akan menawarkan dukungan yang lebih cerdas dan personal, membantu pelanggan menemukan destinasi yang sesuai serta membuat keputusan yang lebih tepat berdasarkan informasi yang relevan dan terkini. Dengan menyederhanakan proses perjalanan dan memperluas fitur layanan mandiri, asisten ini akan memberikan pengalaman yang lebih kohesif dan responsif, mendorong keterlibatan pelanggan yang lebih kuat serta memperkuat interaksi mereka dengan SIA.

Adsense

Staf SIA juga akan merasakan manfaat dari asisten virtual berbasis AI yang ditingkatkan, yang dirancang untuk mengotomatisasi proses rutin dan memberikan panduan dalam tugas operasional berdasarkan wawasan dari kasus-kasus yang telah berhasil diselesaikan. Dengan mengintegrasikan kemampuan AI multimodal generasi terbaru dari OpenAI, alat ini memungkinkan staf mengakses dan memproses informasi dari berbagai format, sehingga mendukung pengambilan keputusan yang lebih cepat, serta memungkinkan mereka untuk lebih fokus pada tugas-tugas penting.

Selain itu, SIA juga bertujuan untuk mengoptimalkan proses operasionalnya dengan mengintegrasikan model AI canggih milik OpenAI—yang memiliki kapabilitas pemecahan masalah—ke dalam sistem yang ada. Integrasi ini akan membantu pengambilan keputusan untuk berbagai tugas kompleks seperti penjadwalan kru penerbangan, dengan mempertimbangkan ketentuan regulasi, batasan operasional, dan ketersediaan sumber daya manusia. Dengan menyajikan data yang telah dianalisis, sistem berbasis AI ini memungkinkan staf membuat keputusan yang lebih cepat dan tepat, mendukung kelancaran operasional dan memberikan pengalaman perjalanan yang lebih baik bagi pelanggan.

George Wang, Senior Vice President Information Technology, Singapore Airlines, mengatakan: “Kolaborasi dengan OpenAI ini mencerminkan komitmen Singapore Airlines terhadap inovasi digital dan kepemimpinan di industri penerbangan. Dengan memanfaatkan solusi AI yang mutakhir, kami akan meningkatkan efisiensi operasional, produktivitas staf, dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik secara menyeluruh, sehingga membantu mempertahankan posisi SIA Group sebagai pemimpin di industri ini.”

Oliver Jay, Managing Director, International, OpenAI, mengatakan: “Singapore Airlines telah lama dikenal sebagai pemimpin dalam inovasi dan layanan. Kami sangat antusias bekerja sama dengan SIA untuk mengeksplorasi bagaimana AI secara canggih dapat meningkatkan pengalaman perjalanan, memberdayakan karyawan, dan mengoptimalkan kegiatan operasional yang kompleks.”

Advertisements

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More