SEA IGF 2021 Tingkatkan Sinergi dan Kolaborasi

Jakarta, Itech- Transformasi digital yang sedang terjadi di berbagai belahan penjuru dunia akan mendorong keterhubungan berbagai sistem elektronik komputer menjadi satu kesatuan yang sangat kompleks. Meskipun berbagai kemudahan akan didapat, keterhubungan tersebut membawa berbagai dilema, bahkan permasalahan hukum dan juga problema sosial.

Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Mira Tayyiba menyatakan berbagai alat perangkat yang digunakan sehari-hari oleh masyarakat, telah dan akan semakin terhubung dengan internet untuk memberikan kemudahan, kecepatan, efisiensi dan kenyamanan. “Oleh karenanya, dalam rangka memfasilitasi kebutuhan masyarakat dan menghadapi berbagai persoalan dimaksud, tata kelola internet diperlukan untuk membangun ekosistem yang kondusif dalam mewujudkan transformasi digital,” jelasnya dalam Closing Ceremony Southeast Asia Internet Governance Forum (SEA IGF) 2021, dari Jakarta, Kamis (2/9).

Menurut Sekjen Kementerian Kominfo, SEA IGF memiliki peran penting untuk meningkatkan sinergi dan kolaborasi antarpemangku kepentingan majemuk atau multistakeholders Asia Tenggara dalam membahas tata kelola internet.   “SEA IGF yang diinisiasi Pemerintah Indonesia merupakan kesempatan berharga untuk membangun platform bersama, dalam rangka meningkatkan sinergi dan kolaborasi antara para pemangku kepentingan majemuk atau multistakeholders di lingkungan Asia Tenggara dalam membahas tata kelola internet,” ujarnya

Sekjen Mira Tayyiba menyatakan  tata kelola internet memiliki dinamika dan kecepatan tersendiri. Oleh karena itu, Kementerian Kominfo mengajak pemangku kepentingan berbagi tanggung jawab. “Tidak hanya itu, sebagaimana disampaikan oleh Bapak Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo Johnny G. Plate), tata kelola internet memiliki dinamika dan kecepatan tersendiri. Oleh karena itu, pemerintah harus berbagi tanggung jawab dengan berbagai pemangku kepentingan, baik itu komunitas, keamanan siber, akademisi, organisasi masyarakat sipil dan industri,” tandasnya.

Sekjen Kementerian Kominfo mengajak peserta SEA IGF 2021 yang berasal dari berbagai belahan dunia untuk turut serta menjamin keamanan ruang digital bagi masyarakat Asia Tenggara. “Melalui forum SEA IGF yang telah diadakan selama dua hari penuh, Indonesia mengajak para pemangku kepentingan dari semua lapisan di dunia yang turut berpartisipasi, agar dapat bahu membahu mendukung pembangunan ruang digital yang aman dan terlindungi bagi seluruh masyarakat Asia Tenggara,” ujarnya. (red)