PT Garam Sukses Implementasi ERP Wujudkan Kedaulatan Garam Nasional

PT Garam Sukses Implementasi ERP Wujudkan Kedaulatan Garam Nasional (Foto : PT Garam)
PT Garam Sukses Implementasi ERP Wujudkan Kedaulatan Garam Nasional (Foto : PT Garam)

Jakarta, Itech-PT Garam (Persero) sebagai produsen garam di Indonesia, terus berkomitmen melakukan transformasi dan inovasi dalam memajukan garam lokal demi mewujudkan kemandirian pangan dan mensejahterakan petani garam nasional.

Untuk memenuhi visi dan misinya, sejak Juni 2016 PT Garam juga telah menjalankan transformasi digital dengan mengimplementasikan Enterprise Resource Planning Merah Putih (ERP). Hal ini dilakukan atas kerjasama di bidang IT antara dua BUMN yaitu PT. GARAM (Persero) dan PT.Telkom.

ERP bukan hanya suatu software semata, namun merupakan suatu solusi terhadap permasalahan informasi dalam organisasi. Solusi ERP adalah IT tools dan manajemen untuk membantu perusahaan merencanakan dan melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Baca Juga : PT Garam Persero Menuju Pasar Global dengan Transformasi “Digital Bisnis & Human Capital”

Dengan sistem ERP, industri dapat dijalankan secara optimal sehingga dapat mengurangi biaya operasional yang tidak efisien, seperti biaya inventory (slow moving part, dan lain-lain), biaya kerugian akibat machine fault bahkan untuk mendukung penerapan konsep JIT (Just In Time) di mana produksi disediakan hanya pada saat diperlukan (fast moving).

Adsense
Loading...

Dengan suksesnya implementasi ERP ini, maka PT Garam (Persero) kini terus meningkatkan produktivitas dan kualitas garam dan garam olahan untuk mewujudkan kedaulatan garam nasional.

Sementara itu, dikutip dari siaran persnya pada (5/2) lalu, PT Garam (Persero), Bank BRI Cabang Sumenep, dan Koperasi Karyawan Garam juga telah melakukan pendantanganan Nota Kesepahaman tentang Kerjasama Pengembangan Usaha Garam Rakyat Melalui Pemberdayaan Koperasi.

Pada kerjasama ini PT Garam bertindak dalam pembinaan teknis dan pembelian hasil prduksi, Bank BRI bertindak dalam bantuan finansial dan Kokargam bertindak dalam pembinaan administrasi dan operasional.

Diharapkan dengan kerjasama ini dapat meningkatkan kualitas hasil produksi garam rakyat melalui koperasi petani garam. (EA/rilis)

Advertisements
Loading...