Sepenuhnya Implementasikan Digital, BGR Logistics Raih Dua Penghargaan Digitech Award 2021

Sepenuhnya Implementasikan Digital, BGR Logistics Raih Dua Penghargaan Digitech Award 2021
Direktur Utama BGR Logistics M. Kuncoro Wibowo (Tengah) saat Menerima Penghargaan di acara Digitech Award 2021 di Hotel Mulia, Jakarta, (31/03/2021).

Itech, Jakarta – Tak butuh waktu lama bagi M Kuncoro Wibowo membalikkan perusahaan yang biasa saja dan tak dikenal masyarakat menjadi perusahaan yang luar biasa dan sepenuhnya menerapkan digital teknologi dalam proses bisnisnya. Dengan itu pantas PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics mendapatkan penghargaan bergengsi di ajang penghargaan nasional Digital Technology & Innovation Award 2021 di Hotel Mulia, Jakarta, (31/03/2021).

Pada acara yang diselenggarakan oleh Majalah Itech bekerjasama dengan BPPT dan Forti BUMN juga Kemenristek/BRIN ini menobatkan BGR Logistics sebagai The Best Digital Technology Development Team dan Direktur Utama M. Kuncoro Wibowo, sebagai The Best Chief Executive Officer for Digital Transformation.

Bagi Kuncoro Wibowo, mengubah BGR menjadi perusahaan yang punya sesuatu itu tak sulit dan tak lama. Tidak seperti di Kereta Api yang butuh empat tahun merombak sistemnya. Di BGR cukup 1 tahun bisa selesai.

“Waktu awal saya masuk di BGR, saya tidak mengenal perusahaan apa ini. Maka saya cari jalan mengenali dulu. Lalu saya rombak dari sistem dan imagenya. Dari yang manual ke digital. Dan kami tambahi menjadi BGR Logistic. Untuk membedakan dari 50 perusahaan anak BUMN yang sama bergerak di logistics. Setelah itu kami declare pada tahun 2019 menjadi Digital Logistics Company,” terang Kuncuro saat presentasi di sesi Leader Talks pada rangkaian acara Digitech Award 2021, di Hotel Mulia, Jakarta, (31/03/2021).

Kini BGR bukan hanya main di logistik, melainkan meredefinisikan menjadi perusahaan yang melampaui itu, Byond Digital Logistics Company. Merambah ke pangan, retail dan kesehatan.

“Saat ini BGR Logistics sudah mempunyai 18 ribu warung pangan di seluruh Indonesia. Bahkan cabang BGR juga sudah ada di seluruh dunia. Misalnya di China saja kita sudah ada 47 cabang. Juga didukung dengan 1500 kendaraan. Serta yang paling penting lagi, kita sudah menggunakan teknologi digital dalam seluruh proses bisnisnya. Baik dari hulu ke hilirnya. Sudah dilakukan digitalisasi dari ujung ke ujung, mulai canvassing sampai SAP,” terangya.

Baca juga: Warung Pangan, Bentuk Inovasi Digital NCDC BGR Logistics

Maka dengan memeroleh penghargaan itu, kinerja BGR diapresiasi oleh masyarakat. Apa yang dilakukan BGR menjadi sesuatu dan percontohan bagi yang lainnya. Bahwa transformasi dan inovvasi itu mutlak dilakukan.

“Dua penghargaan tersebut dipersembahkan untuk seluruh insan BGR Logistics yang telah bekerja keras dalam memajukan Perusahaan melalui transformasi bisnis yang selama ini dilakukan,” terangnya kepada media. (ed.AS/itechmagz.id)