PT Angkasa Pura II Borong Tiga Penghargaan Digitech Award 2021

PT Angkasa Pura II Borong Tiga Penghargaan dalam Ajang Digitech Award 2021
PT Angkasa Pura II Borong Tiga Penghargaan dalam Ajang Digitech Award 2021

Jakarta, ItechPT Angkasa Pura II berhasil borong tiga penghargaan dalam ajang bergengsi Digital Technology & Innovation (Digitech) Award 2021 bertempat di Ballroom 1 Hotel Mulia Jakarta, Rabu (31/3).

Dalam acara tersebut, Angkasa Pura II meraih The Best ICT Business Strategy dan The Best IT Leadership dalam kategori Port & Logistics Industries. Selain itu, Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin didaulat sebagai The Best Chief Executive Officer for Digital Transformation.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Majalah Itech sebagai penyelenggara. Acara seperti ini bagus untuk mengembangkan proses bisnis ke depannya,” sambut Awal.

Sebelumnya pada penjurian Selasa (23/03) lalu, Muhammad Awaluddin juga telah membeberkan strategi transformasi digital terkini di AP II. Pada tahun 2021 ini, perusahaan yang mengelola 19 bandara ini bertekad untuk mengintegrasikan antar stakeholder melalui perubahan pada seluruh model bisnis, operasi, pelayanan hingga pola kerja yang didasari oleh digital collaboration.

“Baik Business model, innovation model dan growth model akan terintegrasi tahun 2021 ini,” terang Awal.

Baca juga: Ikuti Penjurian Digitech Award 2021, Dirut Angkasa Pura II Beberkan Strategi Transformasi Digital

Selain target integrasi, Angkasa Pura II juga telah mengimplementasikan berbagai aplikasi digital dan platform yang menunjang proses bisnis dan pelayanan. Awal menyampaikan beberapa aplikasi tersebut seperti Indonesia Airports Mobile Application, Smart Dashboard, Airport Digital Map, Airport Wayfinding, Trolley Management System, Smart Parking, Smart Baggage Monitoring, Digital Taxi Queuing System, Smart Survey, Corporate Command Center (War Room), Airport Big Data, Travy-Online Travel Reservation, dan lain-lain.

Pada ajang ini, ketua penyelenggara Digitech Award 2021 Irnanda Laksanawan menjelaskan bahwa event ini merupakan kegiatan corporate rating (award) tahunan di bidang Information & Communication Technology (ICT), Pengembangan Digital, dan Innovation.

Ia juga berharap bawha tujuan dari award ini untuk mendapatkan perusahaan yang unggul dan cepat menyesuaikan diri terhadap tantangan yang tidak pernah ada sebelumnya karena adanya pandemi Covid-19 yang sangat mematikan.

“Kami selaku penyelenggara mengucapkan selamat kepada pemenang Digitech Award 2021. Para pemenang ini telah menerapkan penggunaan data, Artificial intelligence (AI) spesialist, dll. Selain itu, kita juga sudah berubah menjadi mega shift, termasuk stay home yang justru menjadi life style. Karena hampir perusahaan-perusahaan saat ini lebih banyak kerja di rumah, dalam arti, remote working and collaboration. Inilah standar-standar kelas dunia”, kata Irnanda. (ZA)

Baca juga: Angkasa Pura II Sukses Wujudkan Implementasi Transformasi Digital

Baca juga: Bangun Optimisme Percepatan Pemulihan Ekonomi, CIMB Niaga Gagas Forum Indonesia Bangkit