Melalui Platform Digital TIJE, Transjakarta Tingkatkan Layanan Penumpang

Melalui Platform Digital TIJE, Transjakarta Tingkatkan Layanan Penumpang
Melalui Platform Digital TIJE, Transjakarta Tingkatkan Layanan Penumpang

Jakarta, Itech- PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) terus melakukan berbagai transformasi dan mengembangkan berbagai teknologi digital dalam melayani penumpangnya. Hal ini dilakukan untuk terus terus menjalankan visinya sebagai Connecting The Life of Jakarta (Menghidupkan Kehidupan Jakarta).


PT Tranjakarta sendiri merupakan layanan transportasi publik dengan rute BRT terbesar di dunia, dan 8,3 dari 10 penduduk Jakarta telah terlayani. Tak heran jika teknologi digital menjadi prioritas utama untuk dikembangkan saat ini.


Gidionton Saritua, selaku Direktur Eksekutif Transformasi Digital PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) dalam Penjurian Digital Technology & Innovation Award 2021 secara virtual pada Senin (8/3), menjelaskan bahwa berbagai layanan teknologi digital telah dikerjakan kurang lebih hanya dalam kurun waktu dua bulan, guna memaksimalkan pelayanan yang ada.
“Transjakarta terus memaksakan diri untuk maju ke depan. Teknologi dikerjakan selama dua bulan dan terus dimaksimalkan guna pelayanan pelanggan,” ujar Gidionton.


Saat ini, Transjakarta telah menerapkan Platform digital TIJE yang memberikan layanan pembelian tiket digital, lacak bus secara real time, lacak rute, dan juga Wi-fi berkecepatan tinggi, tanpa bayar dan tanpa batas kuota di semua halte Transjakarta. Inovasi ini masih akan terus berlanjut untuk mencapai Layanan Transjakarta yang modern, nyaman dan aman.


Dalam penerapannya, terdapat berbagai fitur yang dihadirkan untuk menjawab semua kebutuhan masyarakat akan ketepatan informasi mulai dari rute, halte, jarak keberangkatan (headway), jadwal kedatangan bus, serta informasi terkini lainnya terkait layanan Transjakarta.


Adapun keenam fitur tersebut yakni, Homepage yang memiliki tampilan yang simpel dan menarik, Tjari Rute digunakan untuk merencanakan perjalanan bersama Transjakarta, mengetahui posisi halte terdekat, pilihan rute yang dapat digunakan serta estimasi waktu perjalanan, Tjari Bus berguna untuk mencari tahu posisi bus serta detail armada seperti nomor bodi dan jenis bus, Informasi Rute berfungsi untuk mengetahui informasi rute secara up to date, Informasi Halte digunakan untuk mengetahui informasi halte-halte baik yang beroperasi maupun yang sedang dalam proses renovasi dan sebagainya, serta Loyalti-je memberikan kenyamanan dan keuntungan lebih banyak bagi pelanggan yang mendownload aplikasi Tije dan melakukan pembayaran menggunakan QR tiket, di mana akan mendapat poin yang bisa ditukarkan dengan hadiah menarik.


Selain berfungsi sebagai aplikasi, platform tersebut juga berfungsi sebagai bisnis platform bagi Transjakarta dengan beberapa mitra Transjakarta. Khususnya dalam pemenuhan pelayanan kepada seluruh masyarakat DKI Jakarta maupun luar DKI sebagai pengguna transportasi Jakarta.


Gidionton menambahkan, pelayanan Transjakarta akan terus ditingkatkan sesuai dengan pertumbuhan jumlah pelanggan. Sehingga, kualitas layanan akan terus bertransformasi sesuai dengan komitmen PT Transjakarta dalam memberikan pelayanan yang terbaik dan maksimal bagi pelanggan. Serta diharapkan turut berdampak pada segi bisnis, dan pendapatan non subsidi.


Digital Technology & Innovation (Digitech) Award ini merupakan kegiatan corporate rating (Award) tahunan, di bidang Information & Communication Technology (ICT), Pengembangan Digital, dan Innovation. Adapun tujuan dari event ini adalah untuk mendorong peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi ICT & Innovation perusahaan terutama dalam menghadapi perubahan perkembangan dunia bisnis.


Hadir sebagai dewan juri dalam acara ini di antaranya: DR. Eddy Iskandar, BSC, MSc Eng (Ketua STT-Texmaco (1998-1999), Texmaco Mechatronics (Otomasi), Singapore (1997-1998), dan CEO CPM Consulting (Bidang SDM, Sistem Manufaktur & Manajemen), Dr. Ir. Bambang Setiadi, IPU (Chairman of National Research Council (NRC) of Indonesia, Chairman of the National Standardization Agency of Indonesia (BSN) 2008-2012, Ir. Irvan Nasrun,MBA (Senior Account Manager, PT. XL Axiata Tbk, President Director, PT PLB, Director, PT Pasifik Lintas Buana), Ir. Judi Achmadi, MBA (President Commissioner, PT. Graha Telkom Sigma, President Commissioner, PT Cyber DCI, Commissioner), dan Dr. Ir. Ashwin Sasongko MSc (Sekjen KemKominfo (2005 – 2010), Dirjen Aplikasi Informatika Kemkominfo (2010 – 2013), Anggota Dewan TIK Nasional, dan Ketua Komisi Teknis TIK Dewan Riset Nasional).

3 COMMENTS

  1. […] Jakarta, Itech-┬áPT Pupuk Kujang Cikampek (PKC) terus menjamin produksi dan distribusi pupuk bersubsidi lancar dan tepat sasaran di tengah pandemi Covid-19. Hal ini dilakukan guna mencukupi kebutuhan petani akan pupuk di musim tanam. Untuk itu, Pupuk Kujang melakukan digitalisasi dengan memanfaatkan elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (E-RDKK) sebagai acuan. […]

Comments are closed.