Facebook Siap Komitmen untuk Hapus Akses Data Iklan untuk Mitra

Facebook Siap Komitmen untuk Hapus Akses Data Iklan untuk Mitra
Facebook Siap Komitmen untuk Hapus Akses Data Iklan untuk Mitra

Jakarta, Itech Facebook telah menawarkan komitmen untuk menyediakan akses yang jelas dan obyektif kepada para mitranya ke inventaris iklan dan data kampanye iklan. Hal ini secara langsung dijelaskan oleh otoritas antimonopoli Prancis pada Kamis lalu.

Komitmen yang diusulkan Facebook tersebut, mengikuti keluhan dari grup periklanan online Prancis Criteo (CRTO.O), yang menunjuk penarikannya dari skema Mitra Pemasaran Facebook (FMP) pada 2018, dan menuduh praktik raksasa AS itu merupakan perilaku yang merendahkan.

FMP adalah bagian dari kelompok lebih dari 100 penyedia teknologi, yang menawarkan layanan pengiklan untuk meningkatkan kampanye iklan online mereka seperti dilansir dari reuters.com pada Sabtu (05/06).

Untuk mendapatkan status FMP, perusahaan menjalani proses seleksi dan diwajibkan untuk mematuhi aturan tertentu. Sebagai imbalannya, Facebook mengizinkan mereka untuk menggunakan beberapa layanannya.

Investigasi pengawas menemukan bahwa, praktik Facebook kemungkinan mengganggu akses ke inventaris iklan, sekaligus data kampanye iklan di Facebook.

Menanggapi penyelidikan awal ini, Facebook menawarkan untuk mempertahankan objektivitas, kejelasan, dan non-diskriminasi seputar kriteria kinerja yang diperlukan FMP, dan menawarkan pelatihan kepatuhan reguler kepada tim penjualan.

Facebook siap untuk membuat komitmen ini, yang diajukan otoritas antimonopoli untuk konsultasi publik hingga 5 Juli, untuk periode tiga tahun. Komitmen hanya berlaku untuk perusahaan yang menargetkan pengguna Facebook dan Instagram Prancis.

Criteo mengatakan, akan meninjau komitmen Facebook selama beberapa minggu mendatang.

“Kami didorong oleh komitmen Facebook seputar mempertahankan program mitra yang objektif dan non-diskriminatif,” katanya. ( DAF)

2 COMMENTS

Comments are closed.