Wujudkan Visi Menjadi Bank Andalan di Sumatera, Bank Sumut Terus Maksimalkan Transformasi Digital
Jakarta, ItechMagz.id – Sebagai bank yang didirikan sejak tahun 1961, PT Bank Pembangunan Daerah Sumatra Utara atau Bank Sumut memiliki visi “Menjadi Bank Andalan di Sumatera” serta misi “Memberikan Pelayanan Perbankan Terbaik dan Aman untuk Mendukung Pertumbuhan Perekonomian Masyarakat Sumatera”.
“Bank Sumut telah menunjukkan rekam jejak yang kuat, didukung penuh oleh para pemangku kepentingan kami, dibuktikan melalui berbagai penghargaan dan pengakuan selama bertahun-tahun,” kata Direktur Keuangan dan TI Bank Sumut, Arieta Aryanti dalam penjurian Digitech Award 2023 secara online pada Selasa (28/2/2023).
Arieta menyebutkan, demi mewujudkan visi misi perusahaan, Bank Sumut terus memaksimalkan transformasi digital sebagai salah satu tulang punggung transformasi perusahaan.

Pemimpin Divisi Operasional Bank Sumut Ibnu Siena mengatakan, untuk mendukung transformasi digital, Bank Sumut memiliki segmentasi produk digitalnya, yaitu untuk society, corporation/BUMD/UMKM, dan juga Pemerintah Daerah (Pemda).
“Layanan digital untuk society berupa Sumut Mobile, Sumut Card, Sumut Debit, Sumut Tmoney (QRIS), Estatement, Kredit Online (KMG), ada juga yang sedang perizinan seperti Sumut Net Individu dan QR Pay, lalu ada pula yang sedang dalam pengembangan seperti Online Open Account dan Mobile Kredit,” kata Ibnu Siena.
Ibnu Siena mengatakan, layanan digital untuk corporation/BUMD/UMKM berupa e-Pendidikan, e-PDAM, e-Pasar, QREN Merchant (QRIS), Pojok UMKM, SumutNet Corporate, Sumut Link (Laku Pandai), Mesin EDC. Dan layanan digital Pemda ada dua, yaitu pendapatan daerah seperti PAD (Pajak Daerah, Hotel, Resto) dan retribusi (parkir, jasa) dengan menggunakan eSTS, ePBB, eBPHTB, eKIR, eParkir, Tappingbox, e-SAMSAT, serta ada pengeluaran daerah seperti subsidi dan bansos, pembangunan rutin (gaji ASN, Modal Kerja) dengan menggunakan SUMUTNet Sejahtera dan Int SIPD yang masih dalam pengembangan.
“Bank Sumut juga terus mewujudkan Smart City Solution, dimana kami akan memfokuskan pada smart society, smart government, smart transportasi dan juga smart economy & environment. Konsep Smart City Solution ini akan kami dukung dengan produk dan fasilitas digital di tiap lininya,” kata Ibnu Siena.
Pemimpin Divisi TI Bank Sumut, Mahdian Putra Lubis menyebutkan ada beberapa Key Success Factors dalam transformasi digital ini.
“Yaitu Infrastructure & System Security, Adaptive & Agile Approach, dan Integration & Collaboration,” kata Mahdian.
Mahdian mengatakan Bank Sumut terus melakukan perluasan pembayaran pajak daerah dengan berkolaborasi dengan ecommerce, fintech, modern channel dan juga bank umum atau pos.
Sebagai informasi, Digital Technology & Innovation (Digitech Award) adalah kegiatan corporate rating (Award) di bidang Information & Communication Technology (ICT), Pengembangan Digital, dan Innovation. Tujuan dari penghargaan ini adalah untuk menghadirkan inisiatif transformasi & inovasi digital terbaik di kelasnya, seperti menciptakan cara baru dalam mengoperasikan dan mengembangkan bisnis melalui cloud, seluler, big data/AI, rantai blok, atau penggunaan teknologi pendukung lainnya. Majalah Itech Magz sendiri telah mengadakan award tahunan Digital Technology & Innovation Award ini sejak 2016.
Dewan juri yang hadir dan menilai dalam penjurian ini di antaranya Ir. Irnanda Laksanawan, MSc.Eng(MBM), PhD, DR. Eddy Iskandar, BSC, MSc Eng, Wira Perdana, B.Sc., M.Sc, dan Ir. Achmad Purwono, MBA.
Comments are closed.