Apkasi Gelar Anugerah Jurnalistik Apkasi (AJA) 2021

Jakarta, Itech– Direktur Eksekutif Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indoneia (Apkasi) Sarman Simanjorang mengatakan, pihaknya akan menggelar lomba tulis jurnalistik dengan nama Anugerah Jurnalistik Apkasi (AJA) 2021 untuk wartawan atau media. Lomba ini akan mengambil tema “Kebangkitan Ekonomi Daerah dalam Mendukung Pembangunan Nasional”. 

Menurut Sarman, lomba itu untuk membina silaturahmi dengan media massa, dan  mewujudkan dukungan konkrit bagi pembangunan di daerah-daerah.  “Media massa adalah mitra strategis bagi Apkasi sebagai sumber informasi, sehingga perannya dapat mendukung koordinasi yang baik antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat,” kata Sarman melalui keterangan tertulisnya, pada Minggu (4/4).

 Lomba tulis AJA dibuat dalam 2 kategori yaitu penulisan artikel (indepth) di media massa cetak dan media online atau daring. Pemenang lomba ini adalah tiga orang, dengan hadiah pertama yaitu uang tunai senilai Rp10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) dan seterusnya. Lomba ini berlaku bagi seluruh media nasional dan lokal baik cetak ataupun online yang sudah terdaftar di Dewan Pers. 

Berikut ketentuan umum Lomba Karya Tulis Jurnalistik Apkasi 2021 :

  – Mengisi formulir pendaftaran dan Surat Keaslian Karya yang telah disediakan sebagai bukti kepesertaan dengan mengunduh formulir di website Apkasi, atau akan dikirim ke media masing-masing.-Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja di media massa nasional atau lokal, di Jakarta atau di daerah (cetak dan online)- Karya yang didaftarkan harus pernah dipublikasikan atau disiarkan di media massa pada rentang waktu 1 Januari 2021 sampai dengan 25 Juni 2021

.-Penyerahan hasil karya jurnalistik peserta dikirimkan melalui email dengan alamat Email Lomba Tulis Apkasi : lomba.tulis.apkasi@gmail.com– Batas waktu pendaftaran dan penyerahan karya jurnalistik terakhir pada tanggal 25 Juni 2021.

– Semua karya yang dikirimkan ke panitia harus orisinal bukan terjemahan, saduran atau rangkuman. Jika ada ralat atau koreksi harus disertakan untuk menjaga akurasi karya. Seluruh peserta harus menyatakan bahwa karya jurnalistik yang didaftarkan benar–benar karya orisinil.

– Jumlah karya yang dikirimkan bersifat tidak terbatas.Peserta melampirkan photo copy Kartu Pers dan KTP/SIM yang masih berlaku.- Karya jurnalistik yang memenangkan lomba jurnalistik ini akan menjadi hak milik Apkasi, dengan tetap menyebutkan nama media dan penulis/jurnalis di dalam publikasi yang dilakukan oleh Apkasi.

– Keputusan dewan juri tidak bisa diganggu gugat. Juri berhak untuk menolak suatu karya yang didaftarkan yang dianggap tidak memenuhi persyaratan. Juri berhak menarik kembali penghargaan yang diberikan bila karya yang memenangkan penghargaan ternyata terbukti hasil plagiat dan tidak orisinil.

 Ketentuan Karya Jurnalistik Apkasi 2021, adalah ketentuan yang perlu disiapkan oleh peserta antara lain :

– Dokumen yang dikirimkan adalah surat pernyataan keaslian karya, formulir pendaftaran, kartu identitas, dan karya yang akan dilombakan melalui email ke : anugerah.jurnalistik@apkasi.com  

– Media Cetak (majalah, koran, tabloid) mengirimkan dalam bentuk kliping soft copy dalam format pdf atau doc.- Media Online dan media sosial dalam bentuk soft copy dalam format pdf atau print halaman berita dalam bentuk jpeg/pdf berikut alamat URL halaman situs berita tersebut.

– Peserta mengirimkan hasil karya jurnalistik melalui email. Wartawan/calon peserta wajib memberikan keterangan dalam subject email atau surat elektronik dalam bentuk (Nama Kabupaten Peliputan)_Nama Media_Nama Wartawan contoh: (Kab Bandung)_Koran Sindo_Anton Chrys- Karya yang dikirimkan murni merupakan tulisan jurnalistik dan memiliki nilai berita, bukan tulisan iklan atau advertorial.(Foto: Apkasi)