Jamin Ketersediaan Air Bersih di Perkotaan Melalui NBS

40

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, Itech- AIr bersih merupakan kebutuhan pokok bagi setiap manusia. Oleh karena itu, salah satu tujuan pembangunan berkelanjutan atau ​Sustainable Development Goals (SDGs) 2030 adalah Tersedianya air bersih. ​Nature-based Solutions (NBS) hadir untuk menjamin ketersediaan air bersih sekaligus menawarkan solusi manajemen air dalam sistem perkotaan melalui proses alam.


Hal ini dijelaskan dalam acara seminar oleh Hasan Volkan Oral yang menjelaskan bahwa NBS dapat menjadi media untuk melindungi, mengelola, dan memulihkan ekosistem. Konsepnya bergantung terhadap lima poin penting, yaitu pemulihan, masalah sosial, infrastruktur, pengelolaan, dan perlindungan.

Baca Juga: Melalui Inovasi Layanan Digital Terintegrasi, Transjakarta Raih Penghargaan Best BUMD 2021

Baca Juga: OJK Catat Ada 60 Bank Wakaf Mikro di Indonesia

Adsense


NBS dalam hal ini berfokus pada manajemen air yang memang dapat diaplikasikan di wilayah perkotaan. Sistem NBS mampu mengoordinasi beberapa sistem di perkotaan agar terintegrasi dengan pengolahan air.


Setelah itu, Ia kembali menjelaskan bahwa perubahan iklim dapat memengaruhi terjadinya curah hujan ekstrem yang kerap kali menyebabkan banjir. Maka dari itu, diperlukan peran alam sekaligus infrastruktur yang dibangun manusia mampu mengatasi hal tersebut.

Baca Juga: Manfaatkan e-RDKK, Pupuk Kujang Jamin Distribusi Pupuk Bersubsidi


Dalam hal ini, perubahan iklim menyebabkan adanya gelombang panas di bumi dimana secara tidak langsung menyebabkan penularan penyakit yang semakin tinggi seperti dikutip dari its.ac.id pada Senin (08/03). Peningkatan kesehatan masyarakat dengan membangun infrastruktur terkait sangat diperlukan untuk menghindari penularan penyakit. (DAF)

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More