Inovasi E-Keramba Ala Mahasiswa ITS

36

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, Itech- Indonesia merupakan negara maritim dengan kekayaan laut yang sangat beragam. Namun, sektor perikanan tersebut masih belum dimaksimalkan dengan baik. Hal inilah yang menjadi alasan tiga mahasiswa Departemen Teknik Sistem dan Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) untuk menginovasikan keramba jaring yang dilengkapi sistem feeder. Mereka menyebutnya E-Keramba.


Alfiyan Rizki Maulidan, salah satu tim menjelaskan bahwa, beberapa fitur teknologi mutakhir yang akan dipasang dalam E-Keramba seperti dilansir dari its.ac.id pada Kamis (04/03). Pertama, fitur ini dilengkapi sistem feeder. Dengan adanya sistem ini, pemilik keramba akan lebih mudah untuk memberikan makan kepada ikannya secara otomatis, dan tidak perlu repot untuk pergi ke tengah laut.

Baca Juga: Indosat Ooredoo Luncurkan Layanan iAds Berbasis AR

Baca Juga: Menteri Muhadjir Minta Keluarga Miskin Punya Anak Stunting Dimasukkan Program PKH


Kedua, chip arduino mega yang berfungsi mengatur sistem Feeder, cara kerja Global Positioning System (GPS), dan gerakan dari mesin nya. Kemudian, keramba ini dapat digerakkan dari jarak tertentu menggunakan remote control, sehingga dapat mencari posisi yang cocok di dekat pantai.


Alfian menambahkan bahwa baling-baling sekaligus mesin keramba memiliki energi yang berasal dari panel surya. Panel tersebut berada di bagian setiap sisi dari pelampung. E-Keramba dengan berbagai inovasi nya, telah berhasil meraih penghargaan dalam skala internasional. Yaitu berupa medali emas pada ajang Asean Innovative and Entrepreneur Fair (AISEEF) 2021.

Adsense

Baca Juga: XL Prioritas Hadirkan Paket MyPrio X Unlimited

Baca Juga: Perusahaan Gas Dunia, Linde, Akan Investasi di Bogor


Inovasi ini sudah dikembangkan hingga prototipe berskala kecil dan sudah diuji coba pada sebuah kolam.
“Uji coba pun dinilai berhasil karena semua fitur di dalamnya dapat bekerja secara optimal,” ungkapnya.


Mereka berharap hal ini dapat terus dikembangkan hingga mencapai tahap prototipe yang menyerupai desain aslinya. Mereka juga berharap E-Keramba dapat digunakan oleh para nelayan secara nyata di Indonesia. Sehingga pendapatannya bisa lebih pasti dan terukur. (DAF)

Baca Juga: Inovasi Geo-Tagging Tokopedia di Tokomart

Baca Juga: Apersi Sebuat Kebijakan Insentif PPN Properti Sebagai Langkah Selamatkan Industri

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More