Jakarta, Itech-Danone Indonesia bekerjasama dengan Kitabisa.com memberikan 1.000 paket sembako dan pemberdayaan masyarakat dalam program #PengantarKebaikan. Program tersebut merangkul pekerja nonformal sebagai kurir dalam menyalurkan bantuan ke masyarakat yang membutuhkan dan terdampak pandemi. Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen Danone Indonesia untuk memberikan bantuan senilai Rp 30 Miliar dalam upaya penanggulangan dan pencegahan COVID-19 di Indonesia.
Corporate Communication Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin mengatakan, “Danone Indonesia berkomitmen untuk terus mendukung upaya pemerintah mengatasi dampak pandemi COVID-19 di Indonesia. Kali ini, kami bekerjasama dengan Kitabisa.com dalam program #PengantarKebaikan untuk dapat memberikan bantuan kebutuhan makanan pokok keluarga sembari memberdayakan pekerja nonformal untuk mengantarkan paket kebaikan kepada keluarga yang terdampak pandemi.”
Program “#PengantarKebaikan” berlangsung pada periode 18 Januari – 5 Februari 2021 dengan menyalurkan bantuan 1.000 paket sembako kepada keluarga yang membutuhkan di Bandung, Bekasi, Bogor dan Sukabumi. Selain itu, petugas yang mengirimkan paket sembako ini (disebut juga #KurirKebaikan) merupakan para pekerja nonformal yang ditunjuk oleh Kitabisa.com.
Sehingga melalui program ini, bukan hanya bermanfaat bagi para menerima donasi namun juga dapat ikut memberdayakan orang-orang yang kehilangan pekerjaan agar bisa kembali memperoleh pendapatan. Selain itu, setiap kurir juga dibekali pembersih tangan dan sarung tangan sehingga proses pembagian sembako dapat tetap mengikuti protokol kesehatan yang ketat. Proses pendistribusian yang dilakukan melalui #KurirKebaikan ini merupakan upaya untuk mematuhi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sesuai dengan kebijakan pemerintah, sehingga dapat menghindari kerumunan dan tetap bisa jaga jarak fisik.
“Para pengirim maupun penerima bantuan ini memang ditujukan bagi mereka yang berpenghasilan tidak pasti seperti pekerja harian, pengemudi ojek online, hingga pedagang kaki lima. Hal ini kami lakukan agar dapat mendukung pemenuhan kebutuhan pangan sehari-hari untuk mereka dan anggota keluarganya,” ujar Arif.
Marisa Thara Wardhani, Head of Brand Partnership Kitabisa.com mengatakan, “Kami menyambut baik kolaborasi bersama Danone Indonesia untuk berkontribusi membantu sesama yang membutuhkan dan terdampak pandemi ini. Melalui program #PengantarKebaikan yang dilakukan oleh #KurirKebaikan ini diharapkan dapat meringankan beban para pekerja harian agar sama-sama dapat tetap bisa bertahan hidup ditengah kondisi yang masih belum menentu ini.” (red)
Comments are closed.