Roblox Hadirkan Inovasi AI, Monetisasi, dan Kinerja untuk Kreator

14

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, itechmagz.id – Roblox Corporation (NYSE: RBLX), platform game dan pembuatan konten yang imersif, hari ini (10/9) mengumumkan rangkaian inovasi terbarunya di konferensi tahunan ke-11 Roblox Developers Conference (RDC). Acara ini merupakan acara eksklusif bagi beragam komunitas kreator Roblox yang mempertemukan pengembang, seniman, desainer, world builders (para kreator yang merancang dan membangun dunia fiksi yang imersif dan konsisten), jenama, dan influencer. Peluncuran ini dirancang untuk membantu kreator Roblox menciptakan konten yang menarik, memperluas jangkauan audiens mereka, meningkatkan potensi penghasilan, dan membangun bisnis yang sukses.

Pada penyelenggaraan RDC tahun lalu, CEO Roblox David Baszucki menyampaikan visi Roblox untuk memiliki 10% dari pasar konten game global yang berasal dari ekosistem Roblox dan didistribusikan di dalam komunitas kreator Roblox. Selama kurun waktu 12 bulan yang berakhir di 30 Juni 2025 lalu, para kreator telah menghasilkan lebih dari USD 1 miliar melalui Roblox Developer Exchange Program (DevEx), di mana mereka diproyeksikan akan melampaui target ini di tahun 2025. Pengumuman hari ini akan memberikan komunitas kreator Roblox lebih banyak alat dan peluang untuk berkembang.

CREATE: Memberdayakan Pencipta dan Pengguna dengan Kecerdasan Buatan (AI)

“Tujuan kami adalah memberikan kesempatan kepada pengembang untuk mengubah ide-ide mereka menjadi bisnis yang berkembang,” ujar Nick Tornow, Roblox Senior Vice President of Engineering. “Berulang kali kami melihat bahwa ketika kami menyediakan alat dan kesempatan yang baik bagi para developer, mereka bisa menciptakan hal-hal yang menginspirasi kami dan mendorong batas-batas kemungkinan kreatif. Di Roblox beragam tools AI yang bermanfaat akan membantu kreator mengubah ide menjadi kenyataan lebih cepat.”

Roblox mengumumkan sejumlah pembaruan AI yang dirancang untuk memberikan kebebasan artistik, fungsionalitas yang ditingkatkan, dan bantuan pengembangan yang lebih cerdas bagi kreator. Kemampuan baru ini akan membantu pemain berbicara, merespons, terhubung, bahkan menciptakan suatu hal.

Kemampuan ini meliputi:

  • Objek 4D: Berbasis pada keunggulan utama dalam pembuatan 3D dengan Cube 3D, Roblox mengembangkan kecerdasan buatan generatif dengan pembuatan objek 4D, di mana dimensi keempat adalah interaksi. Hal ini memungkinkan interaksi antara objek, lingkungan, dan manusia, memberikan model dengan fungsi bawaan, seperti mobil yang dapat langsung dikendarai dan memiliki pintu yang dapat dibuka (peluncuran terbatas akan tersedia pada kuartal keempat.)
  • Terjemahan Suara Real-time: Mulai tahun depan, pengguna yang menggunakan Bahasa Inggris, Spanyol, Prancis (bahasa lainnya akan turut menyusul) akan dapat menikmati terjemahan real-time, memungkinkan mereka mengobrol dengan lancar tanpa hambatan bahasa. Saat pemain berbicara, kata-kata mereka akan diterjemahkan dan didengar dalam bahasa asli pendengar, menciptakan komunitas yang benar-benar terhubung dan global. Fitur ini merupakan pengembangan dari terjemahan obrolan waktu nyata yang dirilis Roblox pada Februari 2024.
  • API Text-to-Speech: API text-to-speech yang saat ini tersedia dalam fase peluncuran terbatas mampu mengkonversi teks menjadi audio menggunakan 10 variasi suara yang telah dikonfigurasi. Kreator dapat memanfaatkan teknologi ini untuk berbagai keperluan, mulai dari transkripsi secara langsung, pembuatan audio clip yang sudah direkam sebelumnya, hingga dialog narator dan NPC, serta aplikasi voice over Aspek unik dari API ini terletak pada kemampuannya menghidupkan karakter non-player (NPC—entitas yang dikontrol sistem, bukan pemain), memungkinkan kreator mengintegrasikan narasi dan dialog karakter secara otomatis dan instan.
  • Speech-to-Text API: API ini menghadirkan tingkat imersi dan aksesibilitas baru dengan memungkinkan kreator melakukan aksi melalui perintah suara pengguna. Misalnya, pengguna memberikan perintah verbal seperti “Open Door” dan “Fire the Laser.” Selain itu, API ini membantu membuat caption untuk membantu aksesibilitas dan memperluas jangkauan audiens. Rilis terbatas akan diluncurkan pada akhir tahun ini.
  • Peningkatan Assistant dan MCP: Assistant, yang memungkinkan kreator menggunakan bahasa alami untuk membuat kode, mengembangkan, tekstur, dan memahami, telah berkembang menjadi lebih proaktif dan sadar konteks. Ini meningkatkan produktivitas kreator dengan menjalankan tugas kompleks bertahap dengan pemahaman mendalam tentang lingkungan Roblox. Selain itu, akhir bulan ini fitur asisten tersebut akan dibuat kompatibel dengan Model Context Protocol (MCP). Hal ini penting karena selain berfungsi sebagai server MCP, Assistant akan berperan sebagai klien dan mengatur tugas dengan layanan pihak ketiga populer seperti Figma dan Blockade Labs.

CREATE: Menciptakan Genre Alternatif

Sebagai bagian dari tujuan Roblox untuk memperluas ke berbagai genre baru dan variasi permainan, Roblox memperkenalkan sejumlah peningkatan performa dan visual yang signifikan, antara lain:

Adsense
  • Server Authority: Sebuah sistem mode terbaru Roblox yang hadir dengan dua keunggulan utama, yaitu mengurangi potensi kecurangan, dan menghadirkan aspek grafis yang lebih realistis. Fungsi sistem ini paling terlihat di di gim kompetitif multiplayer seperti aksi tembak menembak, balapan, dengan olahraga, dimana aspek kejujuran sangat krusial, terutama pengalaman imersif para pengguna saat bermain.
  • Peningkatan Kualitas Avatar: Di RDC kemarin, Roblox memperkenalkan demo teknologi avatar terbaru yang membuat karakter bisa bergerak lebih natural mulai dari lari, panjat tebing, sampai olahraga parkour yang mirip dengan gerakan asli. Selain itu, mereka juga mengembangkan teknologi untuk meningkatkan kualitas visual avatar supaya pengembang dapat menghadirkan pengalaman yang lebih imersif terutama untuk genre-genre baru yang butuh detail fisik sebagai inti utama permainan.
  • Performa Sistem yang Ditingkatkan: Roblox menampilkan sejumlah pembaruan signifikan pada performa dan kualitas platformnya, sehingga aplikasi dapat dimainkan secara maksimal di berbagai perangkat tanpa menambah beban kerja pengembang atau mengurangi kecepatan sistem.

SCALE: Cara Baru Kreator untuk Lebih Berkembang dan Terhubung dengan Audiens

Roblox memperkenalkan beberapa sistem pendukung yang lebih canggih, termasuk rencana memperbesar komunitas dengan sederet kerjasama atraktif dengan para kreator, antara lain:

  • (Beta) Roblox Moments: Cara baru berbagi dan menemukan video Pengguna merekam momen gameplay mereka, lalu mengedit dan berbagi video tersebut langsung dalam platform bernama the experience. Dalam waktu dekat, konten kreator akan mendapat akses API untuk pembuatan konten dan discovery konten yang dapat mendorong ketertarikan audiens baru serta meningkatkan keterlibatan dan loyalitas para pengikut (Moments: tersedia dalam versi beta terbatas untuk usia 13+; API Moments: akan diluncurkan segera.)
  • Partners: Dalam komitmennya mengembangkan platform, Mattel juga bergabung melalui program rilisan baru License Manager dan katalog Licenses Roblox dengan menghadirkan empat IP ikonik yang akan rilis dalam waktu dekat seperti “Polly Pocket,” “Street Sharks,” “Rock ‘Em Sock ‘Em Robots,” dan “Matchbox”, sehingga para konten kreator bisa menciptakan konten berdasarkan karakter-karakter populer tersebut. Penerbit raksasa Jepang Kodansha turut menambahkan dua IP yang ditunggu-tunggu ke dalam katalog hari ini yaitu “Blue Lock” dan “That Time I Got Reincarnated as a Slime.” Pengguna langsung dapat memainkan “Blue Lock: Rivals”, dan merasakan pengalaman menjadi penyerang terbaik dunia. Tak ketinggalan, Lionsgate juga memberikan lebih banyak IP untuk dikembangkan para kreator seperti “The Strangers,” “Blair Witch,” dan “Fall.

Kabar baik lainnya, pusat data Roblox di São Paulo sudah mulai beroperasi lebih cepat dari target waktu yang direncanakan, sehingga koneksi jadi lebih lancar dan performa aplikasi meningkat untuk pengguna dan kreator di Brazil.

EARN: Potensi Peningkatan Pendapatan untuk Kreator

Per hari ini, Roblox akan meningkatkan nilai konversi DevEx sehingga para kreator dapat mendapatkan penghasilan 8,5% lebih besar jika menukarkan koin Robux miliknya. Langkah ini menjadi komitmen perusahaan dalam mendorong ekosistem ekonomi sehingga para kreator dapat bertumbuh dan sukses dalam gim ini. Misalnya, rata-rata penghasilan pengembang top 1000 mencapai satu juta dollar, meningkat 2.9x sejak tahun 2020.

Para pengembang gim dan kreator merupakan bagian penting dalam merealisasikan gim ini. Tornow menyampaikan, “Kami selalu berupaya menemukan cara baru untuk mendukung para pengembang dalam membangun bisnis yang sukses di platform kami. Meningkatkan DevEx adalah salah satu cara langsung dalam menghargai nilai luar biasa yang diciptakan oleh para pengembang untuk Roblox.”

Selengkapnya dapat dibaca pada berita berikut ini dan tambahan detail terkait produk pada RDC dapat didapat melalui Roblox Newsroom.

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More