Memulai Babak Baru AI: Next Gen AI

9

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Itechmagz.id – Penerapan kecerdasan buatan/Artificial intelligence (AI) di sektor bisnis Indonesia terus berkembang pesat, terutama dalam bidang layanan pelanggan, manajemen SDM, pendidikan, dan keamanan siber. Berdasarkan data dari Cisco, pasar Generative AI di Indonesia diproyeksikan mencapai IDR 3,3 triliun pada tahun 2023, dengan pertumbuhan tahunan sebesar 27%.

Teknologi AI telah digunakan dalam berbagai aplikasi, seperti chatbot dan asisten virtual, yang membantu perusahaan meningkatkan efisiensi dan otomatisasi layanan.

“Awalnya, AI tradisional hanya digunakan untuk meningkatkan efisiensi melalui tugas-tugas berbasis aturan. Namun, dengan munculnya Generative AI, teknologi ini kini mampu menghasilkan teks, gambar, dan video yang lebih kompleks melalui model-model seperti GPT dan Gemini,” ujar Ardya Dipta, Head of Data Science di Kalbe Group, dalam diskusi panel “AI Dalam 3 Babak: Dari Eksperimen ke Transformasi Industri dengan Next Gen AI” yang diadakan di Auditorium MRPQ Fakultas Teknik – Universitas Indonesia, Sabtu (26/10).

Ia menambahkan bahwa kombinasi AI tradisional dengan Generative AI kini mampu memberikan dampak signifikan terhadap efisiensi dan inovasi. “Namun, dalam beberapa kasus, automasi dengan machine learning model tertentu sudah cukup untuk menyelesaikan pekerjaan tanpa memerlukan Generative AI,” jelasnya.

Ketut Widya, GM FMC & Enabler CVM Telkomsel, menekankan bahwa penerapan teknologi AI di Telkomsel tidak hanya dimaksudkan untuk memberikan pengalaman digital yang lebih personal dan relevan bagi pelanggan diantaranya melalui aplikasi MyTelkomsel, tetapi juga mencakup pendekatan menyeluruh (end-to-end).

“Kami mengintegrasikan AI ke dalam seluruh aspek operasional, baik dari sisi jaringan maupun interaksi dengan pelanggan, yang memungkinkan kami untuk menghadirkan layanan yang lebih efisien, jaringan yang lebih andal, serta kenyamanan pelanggan yang lebih optimal,” jelas Ketut. “Proses ini tentunya sudah masuk ke tahap ‘trust at scale’ di mana entitas sudah semakin yakin dan percaya dengan implementasi AI for Enterprise yang dinamakan juga sebagai ‘Next Gen AI’,” lanjutnya.

Adsense

Sebagai pemimpin industri telekomunikasi digital di Indonesia, komitmen untuk mendukung transformasi digital bangsa melalui inovasi teknologi terkini sangat krusial. Ketut menegaskan pentingnya penerapan AI, yang tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan layanan, tetapi juga didukung oleh kesiapan talenta yang kompeten.

“Kami terus berupaya juga untuk memberdayakan masyarakat melalui berbagai produk, layanan, dan solusi inovatif yang unggul untuk masa depan,” tutupnya

Sementara itu, Fajar Jaman, CEO IYKRA, memastikan komitmen IYKRA dalam memfasilitasi transformasi digital di perusahaan-perusahaan Indonesia melalui penerapan teknologi AI dengan kerangka kerja Next Gen AI. Kerangka ini mencakup tiga langkah utama: eksplorasi untuk mengidentifikasi peluang efisiensi, desain solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis, serta implementasi AI secara menyeluruh.

Dengan pendekatan ini, perusahaan dapat mengoptimalkan operasional, memperkuat analisis data, dan meningkatkan ketajaman pengambilan keputusan.

“Selain membantu perusahaan berinovasi dengan Next Gen AI, kami juga berfokus pada pengembangan talenta teknologi muda melalui program bootcamp AI Engineering Fellowship. Program ini dirancang untuk membekali generasi muda Indonesia dengan keterampilan AI terbaru agar siap menghadapi akselerasi teknologi,” pungkas Fajar.

Ia menegaskan, transformasi teknologi yang cepat harus diimbangi dengan kesiapan industri dan SDM agar tetap relevan dan kompetitif di era digital.

“Kolaborasi kami dengan Ikatan Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Indonesia dalam acara ini juga memperkuat peran IYKRA dalam membuka peluang bagi talenta muda di bidang teknologi, khususnya antara Industri ke Universitas yang menjadi sumber daya utama dalam pengembangan AI di masa depan,” tambah Fajar.

Advertisements

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More