Lintasarta Luncurkan GPU Merdeka, Solusi AI Cloud Berdaulat untuk Indonesia

7,235

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

JAKARTA, ItechMagz.idLintasarta, perusahaan terkemuka di bidang Information and Communication Technology (ICT) total solutions di Indonesia, resmi meluncurkan produk terbaru mereka, GPU Merdeka (Graphics Processing Units), pada Rabu (21/8) di Hotel Kempinski, Jakarta.

GPU Merdeka, yang merupakan layanan GPU-as-a-Service (GPUaaS) untuk infrastruktur AI, dikembangkan sebagai Sovereign AI Cloud oleh NVIDIA, menghadirkan supercomputing cloud dengan teknologi canggih dan terdepan di Indonesia.

Peluncuran ini dihadiri oleh sejumlah tokoh nasional dan global, termasuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, serta perwakilan dari berbagai industri seperti Kepala Departemen Pengembangan Aplikasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Dwi Kurniawan, Sekretaris SKK Migas Luky A Yusgiantoro, dan Digital Business Director Perum Peruri Farah Fitria Rahmayanti.

Peluncuran GPU Merdeka merupakan bagian dari komitmen Lintasarta dan Indosat Group dalam memberdayakan Indonesia, serta merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan NVIDIA pada awal 2024.

Melalui kolaborasi ini, Lintasarta menegaskan posisinya sebagai Nvidia Cloud Partner (NCP) dalam jaringan NVIDIA Partner Network sejak Mei 2024.

GPU Merdeka akan memberikan infrastruktur dan platform AI cloud yang handal bagi pelaku bisnis nasional. Layanan ini menawarkan akses ke GPU tercepat dari NVIDIA dengan dukungan data center berteknologi tinggi, yang memungkinkan penggunaan untuk generative AI, machine learning, rendering, dan aplikasi desain berbantuan komputer (CAD). Dengan spesifikasi yang superior, biaya yang efisien, serta pemanfaatan energi yang optimal, GPU Merdeka siap mendukung transformasi digital di Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, menyatakan bahwa kemajuan teknologi digital adalah faktor kunci dalam mencapai visi Indonesia Emas 2045.

“Kehadiran teknologi mutakhir ini adalah sebuah pencapaian besar bagi kita, karena seluruh elemennya, mulai dari infrastruktur hingga pengelolaannya, berada di Indonesia,” ungkap Luhut.

Adsense

Sementara itu, President Director & CEO Lintasarta, Bayu Hanantasena, menegaskan bahwa GPU Merdeka adalah langkah nyata dalam memberdayakan Indonesia melalui solusi teknologi terbaik.

“Peluncuran layanan baru ini mendorong Indonesia menjadi yang terdepan dalam komunitas AI cloud global,” jelas Bayu.

Head of Developer Programs for Big Data & Analytics in the ASEAN & ANZ Regions of NVIDIA, Deb Goswami, menambahkan, “Lintasarta telah mengimplementasikan NVIDIA accelerated computing dalam GPU Merdeka, membantu menghadirkan layanan cloud AI berkinerja tinggi untuk memberdayakan Indonesia dengan AI yang berdaulat.”

GPU Merdeka yang didukung oleh NVIDIA ini menawarkan server High Performance GPU dengan konfigurasi 8x Nvidia H100 SXM Tensor Core GPUs dalam satu server, yang memiliki kapabilitas untuk AI generatif.

Keunggulan ini sangat sesuai untuk aplikasi dengan kebutuhan akurasi tinggi, seperti TNavigator dan SLB Petrel High Performance Computing di industri minyak dan gas. Selain itu, NVIDIA H100 SXM pada GPU Merdeka juga mendukung rendering, 3D modeling, dan aplikasi CAD seperti AutoCAD.

Dengan dukungan infrastruktur data center AI yang mumpuni, GPU Merdeka menawarkan konektivitas data center hingga 3.2 Tbps Infiniband RDMA per server dan akses GPUDirect NVIDIA, yang akan meningkatkan performa layanan secara keseluruhan.

Pelanggan GPU Merdeka juga akan mendapatkan akses internet up to 100 Gbps dengan proteksi DDoS, memastikan keamanan dan kenyamanan tingkat tinggi.

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More