Jago Money Quest, Contoh Sukses Edukasi Keuangan Berbasis Gamifikasi

4

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

itechmagz.id – PT Bank Jago Tbk dan Agate, melalui divisi gamifikasinya Level Up powered by Agate, berdiskusi dengan sejumlah jurnalis media nasional terkait tren edukasi menggunakan permainan digital. Salah satu contoh sukses edukasi berbasis gamifikasi adalah Jago Money Quest,  game berbasis web yang mengajak generasi muda, khususnya mahasiswa, untuk bijak dalam mengelola keuangan.

Head of Level Up powered by Agate, Junialdi Dwijaputra menjelaskan, dalam mengembangkan gamifikasi sebagai layanan business solutions, pihaknya didukung oleh ratusan talenta digital dan partner. Tujuannya adalah membantu perusahaan-perusahaan mitra dalam mencapai tujuan maupun target-target bisnisnya melalui pendekatan unik berbasis game di platform desktop maupun mobile.

“Gamifikasi bisa meningkatkan brand engagement, sales dan customer engagement. Selain itu, gamifikasi juga bisa mendorong metrik-metrik yang ingin dicapai dalam hal people growth,” ujar Junialdi.

Khusus kolaborasi dengan Bank Jago, Agate membantu pengembangan permainan yang ditujukan untuk generasi muda atau milenial, mengusung genre simulasi yang erat dengan fase kehidupan mereka, yaitu Jago Money Quest.

Membawakan topik “Gamification in Financial Literacy Education for Young Adults”, Head of Sustainability & Digital Lending Bank Jago Andy Djiwandono mengungkapkan bahwa Jago Money Quest hadir karena Bank Jago memiliki aspirasi untuk meningkatkan kesempatan tumbuh berjuta insan melalui solusi finansial digital yang berfokus pada kehidupan.

Adsense

Dalam pengembangan game tersebut, lanjut Andy, Bank Jago membawa Kerangka Kesehatan Finansial PBB (UN Financial Health Framework) yang diharapkan dapat membantu generasi muda lebih peduli terhadap kesehatan finansialnya dan lebih percaya diri dalam pengelolaan keuangan, serta memiliki tujuan jangka panjang keuangan yang berkelanjutan.

Dengan mengakses http://JagoMoneyQuest.com, para pemain akan memerankan karakter fiksi yang dihadapkan pada berbagai situasi keuangan yang dibuat mirip dengan kehidupan nyata. Saat ini baru persoalan finansial mahasiswa yang disimulasikan ke dalam delapan level permainan di Jago Money Quest, yakni dimulai sejak diterima kuliah hingga lulus dari universitas dan mulai bekerja.

“Ke depannya, Jago Money Quest bisa juga tidak hanya menghadirkan simulasi untuk mahasiswa, tapi juga untuk pekerja dari berbagai profesi,” pungkas Andy

Sumber: www.jago.com

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More