Barata Indonesia dan INKA Kerjasama Manufaktur Komponen Kereta Api Nasional

6

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

itechmagz.id – PT Barata Indonesia (Persero) bersama dengan PT INKA (Persero) melakukan penandatangan kerjasama manufaktur komponen kereta api nasional, pada Jumat (16/08/2024) bertempat di Kantor Pusat Barata Gresik.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Barata Indonesia, Hertyoso Nursasongko serta Direktur Pengembangan PT INKA (Persero), Roppiq Lutzfi Azhar. Acara ini turut dihadiri oleh Perwakilan PT PPA (Persero) selaku kuasa pemegang saham, Direktur PT BBI (Persero),  M. Agus Budianto serta Perwakilan dari Kementerian Perindustrian RI.

Kedua belah pihak sepakat bersinergi dalam program Bogie Nasional. Lebih lanjut, kolaborasi ini diharapkan dapat menopang kemandirian angkutan barang melalui moda transportasi kereta api.

Direktur Barata Indonesia, Hertyoso Nursasongko menyampaikan bahwa ini merupakan kesempatan bagi produk karya anak bangsa untuk berperan langsung dalam proses modernisasi moda transportasi kereta api nasional.

“Bogie Nasional ini murni karya anak bangsa, baik itu dari engineering INKA dan juga Barata,” ujarnya. “Kami juga berharap ini menjadi titik awal pengembangan industri komponen kereta api nasional,” imbuhnya.

Adsense

Karena itu dirinya berharap semua proses manufaktur bogie nasional, baik itu dari segi desain, prototype serta sertifikasi,  dapat berjalan dengan lancar. Sehinga Bogie Nasional tersebut dapat segera diproduksi massal untuk memenuhi kebutuhan kereta api nasional.

Senada dengan Direktur Barata,  Direktur Pengembangan PT INKA(Persero), Roppiq Lutfi Azhar menjelaskan bahwa tingginya antusiasme masyarakat untuk menggunakan moda transportasi kereta api membuat pemenehuan kebutuhan akan unit serta komponen pendukung, sangat terbuka lebar.

” Jadi sayang sekali apabila peluang sebanyak ini tidak dimanfaatkan,” ucap Roppiq Lutfi Azhar.  “Karena itu untuk melawan gelombang produk luar yang sangat membanjir, diperlukan kolaborasi dalam semangat kemandirian industri nasional, serta berbekal dukungan dari Kemenperin RI, dari segi regulasi. Karena sejatinya, produk – produk dalam negeri juga tidak kalah dengan produk- produk impor,” tegasnya.

Kerjasama Barata dan INKA tersebut merupakan momentum penting bagi Perseroan untuk menjaga konsistensi sebagai sebagai perusahaan manufaktur terkemuka di industri perkeretaapian sekaligus upaya dalam merespon penugasan pemerintah dalam percepatan transformasi ekosistem perkeretaapian tanah air.

Sumber: www.barata.id

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More