Ini Cara Amankan Nomor HP dari Pinjol

9

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, itechmagz.id – Pemasaran dan penagihan pinjaman online (pinjol) yang sering kali sangat agresif dapat berdampak buruk pada kesehatan mental pengguna. Untuk melindungi nomor telepon Anda dari praktik lintah darat modern ini, ada beberapa langkah yang bisa diambil.

Pinjaman online telah menjadi solusi yang populer dalam beberapa tahun terakhir, menawarkan kemudahan bagi mereka yang membutuhkan dana cepat. Syarat-syarat peminjaman yang relatif mudah dibandingkan dengan bank atau koperasi membuat pinjol menjadi pilihan yang menarik. Namun, risiko yang terkait dengan pinjol juga sangat besar, termasuk suku bunga yang tinggi dan masalah terkait legalitas.

Untuk menghindari jebakan itu, simak cara putus hubungan dengan pinjol:

Hapus Akun

Upaya ini menjadi salah satu cara efektif untuk menghentikan akses pinjol ke data Anda. Beberapa perusahaan menyediakan opsi untuk menghapus data tersebut di aplikasinya.

Opsi menghapus akun tersebut umumnya dapat ditemukan pada bagian pengaturan akun.

Kontak Call Center

Kalau pinjol tersebut tidak menyediakan opsi buat menghapus akun, maka Anda dapat menghubungi call center yang bersangkutan untuk meminta penghapusan akun.

Pastikan semua tagihan Anda telah lunas sebelum melakukan cara ini agar Anda dapat menyertakannya ketika pihak pinjol melakukan verifikasi.

Adsense

Hubungi OJK

Ketika menghubungi call center tidak berhasil, Anda bisa menghubungi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Terlebih, jika Anda merasa ada penyalahgunaan data pribadi.

OJK nantinya akan melakukan penelusuran apakah aplikasi tersebut merupakan pinjol legal dan terdaftar di OJK. Jika aplikasi tersebut ternyata ilegal, maka OJK dapat memblokir aplikasi tersebut.

Ganti Nomor HP

Tawaran pinjol dapat juga berasal dari pinjol ilegal. Pinjol ilegal seringkali mendapat data kita dari cara-cara yang ilegal pula.

Menurut Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) di situsnya, pinjol ilegal bisa mendapatkan data pengguna dari phishing, membeli data, akses kontak peminjam pinjol ilegal, hingga info media sosial.

Jika nomor hp sudah jadi sasaran penawaran pinjol lewat cara-cara tidak sah tersebut, Anda bisa mengganti nomor agar tak lagi menjadi korban teror pinjol ilegal.

(Sumber: CNN Indonesia)

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More