MIND ID Komitmen Dukung Upaya Pemerintah Capai NZE 2060

284

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

itechmagz.id – BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID atau Mining Industry Indonesia berkomitmen penuh mendukung upaya pemerintah dalam mencapai target Net Zero Emissions (NZE) pada 2060 mendatang atau lebih cepat. Komitmen tersebut diwujudkan dalam beberapa komitmen konkret dalam tiga pilar utama Grup MIND ID yang merupakan hasil elaborasi dari SDG’s 2030.

Dalam mendukung komitmen pemerintah Indonesia dalam NZE 2060, MIND ID Grup berkomitmen untuk melakukan strategi transisi energi yang berbasis pada tiga pilar yaitu To Prevent, To Reduce, To Mitigate.

MIND ID melalui anggota perusahaannya; PT Timah Tbk., PT Aneka Tambang Tbk., (Antam), PT Inalum, PT Bukit Asam TBK., (PTBA), dan PT Freeport Indonesia (PTFI) bahu membahu melakukan berbagai program hijau sebagai bagian dari upaya menyokong target pemerintah dalam mencapai target NZE pada 2060 atau lebih cepat.

Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf mengatakan, komitmen MIND ID dalam mendukung agenda pemerintah terkait pencapaian target NZE 2060 tersebut melalui beberapa program seperti penanaman pohon yang dilakukan anggota Grup MIND ID.

“MIND ID terus memberikan nilai lebih bagi Indonesia salah satunya berkomitmen mendukung upaya pemerintah yang menargetkan NZE bisa rampung pada 2060 mendatang,” kata Heri.

Salah satunya melalui kegiatan budidaya dan penanaman mangrove yang dilakukan anggota Grup MIND ID PT Timah Tbk., sebagai wujud mendukung tercapainya target NZE pada 2060 mendatang. PT Timah Tbk., secara konsisten melakukan penanaman mangrove di sekitar wilayah operasional perusahaan.

Adsense

“Penanaman mangrove yang dilakukan anggota Grup MIND ID,  PT Timah Tbk dilaksanakan di Provinsi Bangka Belitung dan Provinsi Kepulauan Riau. Upaya penanaman mangrove dilakukan sejak lama. Bahkan sejak tahun 2010 PT Timah Tbk sudah menanam mangrove bersama yayasan Ikebana di Pulau Bangka,” katanya.

Selain itu, PT Timah Tbk juga melakukan rehabilitasi mangrove bersama kelompok masyarakat, pemuda, akademisi dan kelompok nelayan. Hal ini selain diperuntukkan sebagai agen penyerap emisi karbon, juga sebagai upaya mencegah abrasi dan menjaga ekosistem pesisir.

Sementara itu, anggota Grup MIND ID lainnya, PTBA juga aktif melakukan berbagai program mendukung tercapainya target pemerintah terkait NZE 2060 mendatang. PTBA berhasil membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Jalan Tol Bali Mandara dan PLTS di Gedung Airport Operation Control Center (AOCC) Bandara Soekarno-Hatta. Kehadiran dua PLTS tersebut mampu mengurangi emisi sekitar 414,1 ton CO2e.

Penurunan emisi yang disebabkan keberadaan dua PLTS tersebut pada periode Januari hingga Oktober 2023, setara dengan menanam pohon 847 pohon. Keberhasilan tersebut merupakan bentuk komitmen PTBA dalam mendukung pencapaian NZE 2060.

Lain lagi dengan kinerja PT Antam TBK., dalam mendukung agenda pemerintah terkait pencapaian target nol emisi karbon 2060. Antam melalui UBPP Logam Mulia berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Jakarta Timur melakukan penanaman pohon secara serentak di 10 kecamatan di Jakarta Timur.

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More