itechmagz.id – Subholding PT Pelindo Terminal Petikemas (SPTP), PT Prima Multi Terminal (PMT), melakukan transformasi digitalisasi dalam pelaksanaan perencanaan dan pengendalian operasional serta pelayanan terhadap pengguna jasa, baik Shipping Lines maupun Jasa Pengurusan Transportasi/Ekspedisi Muatan Kapal Laut (JPT/EMKL).
Direktur Utama PT Prima Multi Terminal Eko Hariyadi Budiyanto bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Utara, Indonesian National Shipowners Association (INSA) dan Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia/Indonesian Logistics and Forwarders Association (ALFI/ILFA) meresmikan ruangan planning and control (PnC) melalui pengguntingan pita pada pintu masuk ruangan tersebut.
Ruangan PnC telah dilengkapi sistem Terminal Operating System (TOS) Nusantara dan pemantauan operasional secara fisik oleh sumber daya manusia (SDM) terdidik melalui monitor CCTV dan radio base.
Soft launching TOS Nusantara di PMT Belawan dimulai dengan kegiatan bongkar muat kapal Strait Mas Voyage 105/106 dengan total mencapai 1.384 teus, Selasa (19/12/2023).
Soft launching ini dilakukan guna menggali kemampuan sistem terhadap permasalahan dalam perbaikan sistem, sehingga pada saat dilakukan go live, sistem tersebut sudah sepenuhnya andal dan sempurna.
Eko mengatakan, dirinya telah melakukan soft launching aplikasi TOS Nusantara. Aplikasi tersebut mencakup 2 aktivitas, yakni Palapa Modul untuk perencanaan dan pengendalian operasional dan Parama Modul untuk pengguna jasa dan customer portal.
Untuk diketahui, TOS Nusantara merupakan sistem operasi Terminal Peti Kemas (TPK) berstandar internasional yang akan diimplementasikan di seluruh terminal SPTP.
Adapun, tujuan aplikasi TOS Nusantara untuk mempermudah perencanaan, penetapan, operasional, dan pengendalian kegiatan operasional yang dapat menghasilkan formasi lengkap. Sistem ini terhubung dengan portal pelanggan bagi pengguna jasa SPTP.
“Kami telah menggunakan sistem yang cukup baik dalam kegiatan operasional terminal. Oleh karena itu, kami harap TOS Nusantara dapat memberikan pelayanan yang lebih baik, terlebih customer dapat memantau dan melakukan permintaan secara digital melalui aplikasi ini,” kata pria yang akrab disapa Ehay.
Sistem TOS Nusantara memiliki sejumlah keunggulan, yakni telah memenuhi standar operasional SPTP, memilikii 3 dimensi sehingga memudahkan pengaturan kegiatan Peti Kemas, baik di lapangan penumpukan maupun di atas kapal.
Sebagai informasi, sistem ini juga akan memudahkan pengguna dalam mengakses layanan di Terminal Belawan. Pasalnya, permohonan pelayanan hanya dapat dilakukan dalam satu apikasi dan dapat diakses 24 jam melalui satu menu untuk berbagai layanan.
TOS Nusantara mendukung pembayaran digital dan dapat melakukan pembatalan permohonan layanan selama belum melakukan pembayaran.
Penerapan TOS Nusantara di PMT di dukung oleh INSA, ALFI/ILFA Sumatera Utara, dan Kadin Medan.
“Terima kasih atas dukungan para stakeholders. Semoga kolaborasi ini dapat menyukseskan implementasi TOS Nusantara di PMT Belawan,” tutur Ehay.
Implementasi ini merupakan rangkaian ke-6 setelah implementasi di TPK New Makassar, TPK Ambon, IPC TPK Pontianak, dan IPC TPK Palembang. Acara ini ditutup dengan pembagian sedekah kepada anak yatim di Belawan.
Comments are closed.