Ini 10 Cara Membuat Kata Sandi yang Aman dan Mudah Diingat

55

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, itechmagz.id – Memiliki kata sandi yang aman penting untuk menjaga diri terutama privasi kita. Belum lama ini situs KPU diretas melalui akun seorang admin. Dicurigai, peretas berhasil mengetahui kata sandi admin tersebut hingga berhasil membocorkan jutaan data pemilih KPU.

Di lain sisi, masih banyak orang abai terhadap pentingnya kata sandi yang aman, karena kata sandi yang aman umumnya sama saja dengan kata sandi yang sulit untuk diingat. Semakin sulit diingat, maka semakin sulit peretas menebak kata sandi kita.

Namun, bukan hanya itu faktor kata sandi kita menjadi aman. Ada beberapa faktor atau cara lain yang akan dijabarkan di bawah ini.

10 Cara Membuat Kata Sandi Kita Aman

1. Pakai Kata Sandi yang Sulit Ditebak

Seperti yang disinggung sebelumnya, ada baiknya kata sandi yang kita miliki tidak mudah untuk ditebak oleh orang lain. Misalnya jangan mencantumkan informasi diri yang mudah diketahui orang lain melalui sosial media atau media lainnya, seperti tanggal hingga tahun lahir atau benda favorit. Gunakanlah variasi antara huruf, angka, dan lambang.

Contoh kata sandi aman:

Bisa1nAj4*

2. Manfaatkan Password Manager & Generator

Bagi kita yang sulit membuat atau menghafal kata sandi, maka tools password manager bisa sangat berguna. Pasalnya, tools ini mampu memberikan kata sandi yang kuat sehingga aman untuk digunakan. Apalagi, tools ini akan menyimpan kata sandi tersebut secara otomatis sehingga kita tak perlu lagi repot-repot menghafal kata sandi atau mencatatnya yang beresiko dilihat oleh orang lain.

3. Pakai Kata Sandi di Semua Perangkatmu

Manfaatkan fitur keamanan di setiap perangkat, seperti lockscreen dan verifikasi dua arah untuk meminimalisir kesempatan orang lain dalam membobol perangkat kita.

4. Rutin Mengubah Kata Sandi

Mengganti kata sandi secara rutin dapat mempersulit peretas membobol data kita, karena mereka yang sebelumnya berhasil menebak kata sandi kita bisa kewalahan dengan kata sandi baru. Untuk itu, Google menyarankan agar kita merubah kata sandi setiap 3 bulan sekali. Tapi ini bergantung pada sensitivitas data kita. Semakin sensitif data kita, maka disarankan harus semakin sering kita mengganti kata sandi.

5. Aplikasikan Tips Membuat Kata Sandi

Bila kita tipe orang yang sulit menghafal kata sandi, maka tips di bawah ini bisa kita pakai dalam membuat kata sandi yang aman tapi mudah diingat.

Adsense

– Semakin panjang kata sandi kita, maka semakin baik. Misalnya terdiri dari 8-16 karakter
– Gunakan angka sebagai pengganti huruf, misalnya “i” menjadi “1”
– Acak huruf kata sandi kita, misalnya “Love” menjadi “Eovl”
– Gunakan fitur keamanan dua tahap
– Pakai akronim. Misalnya “Saya adalah hamba Tuhan yang ke 100” menjadi “SamBahan’100”

6. Memperbarui Perangkat Lunak

Para peretas biasanya menarget perangkat lunak yang rentan. Dengan memperbarui sofware, maka kerentanan tersebut akan berkurang sehingga para peretas akan semakin sulit membobol data kita.

7. Aktifkan Fitur Keamanan 2 Tahap

Fitur ini sudah berlaku di berbagai layanan seperti media sosial, perbankan, atau lainnya yang aktif di dunia maya. Dengan adanya fitur ini, maka peretas akan hampir mustahil melakukan kejahatannya walau kata sandi sudah berhasil diperoleh. Kita bisa menggunakan fitur Two Factor Authentication (2FA) melalui kode verifikasi via telepon atau SMS, Google authenticator, dll.

8. Jangan Bocorkan Kata Sandimu

Rahasiakan kata sandimu dengan tidak memberitahukannya kepada siapapun, atau malah menuliskannya melalui catatan atau apapun itu. Bila kamu takut kesulitan mengingat kata sandi, maka gunakan layanan pihak ketiga atau password manager.

9. Hindari 1 Kata Sandi untuk Semua Akun

Menggunakan kata sandi yang sama pada setiap akun dapat memperluas dampak kebocoran data, karena begitu peretas berhasil menebak satu kata sandi akun, maka ia bisa meretas semua akun yang kita miliki yang nantinya mengarah pada eksploitasi data. Untuk itu, penting bagi kita menggunakan kata sandi yang berbeda di setiap akun yang berbeda pula.

10. Aplikasikan Syarat Kata Sandi yang Aman

Layanan milik Bill gates, Microsoft, memberikan syarat kata sandi sehingga aman untuk digunakan. Berikut syarat-syarat tersebut:

– Menggunakan hurus kecil
– Menggunakan huruf besar
– Menggunakan angka
– Menggunakan simbol

Contoh kata sandi yang kuat:

– M4nc!ng/1k4n
– D1manA_Kit@
– S@#4eta

(Sumber: Detik)

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More