Ini Cara Hapus Data Diri yang Tersebar di Internet

156

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, itechmagz.id – Dengan adanya internet membuat informasi sekecil apapun terkait data diri mudah tersebar. Jika tidak percaya, coba ketik namamu sendiri di internet. Kamu akan langsung menemukan jejak diri di sana.

Jika sudah demikian, menghapus data diri yang tersebar di internet tentu bukanlah hal yang mudah. Namun, jangan khawatir. Ada beberapa cara menghapus data diri di internet yang bisa dilakukan secara bertahap.

Dilansir dari CNET dan Norton, setidaknya ada 7 cara yang bisa dilakukan untuk menghapus data diri di internet. Inilah penjelasannya:

1. Hapus atau deactive akun media sosial
Menghapus data diri yang tersebar di internet bisa dimulai dari akun media sosialmu. Coba ingat kembali akun media sosial apa saja yang kamu miliki. Misalnya Tumblr, MySpace, Reddit, Twitter dan media sosial lainnya. Selanjutnya, lakukan deactive (non-aktif) akun untuk menghapus data diri yang tersebar di internet.

2. Hapus aplikasi lain yang tidak digunakan di ponsel
Selain media sosial, kamu juga dapat menghapus beberapa aplikasi lain yang tidak digunakan di ponsel. Tak dapat dipungkiri, beberapa aplikasi tersebut mungkin. Jika kamu mendaftar akun untuk menggunakan suatu aplikasi, maka data pribadimu dapat digunakan atau dijual ke pihak lain oleh aplikasi tersebut.

3. Hapus akun belanja
Dewasa ini, akun belanja online semakin banyak digunakan. Saat memesan barang dari aplikasi belanja online, kamu akan dimintai data alamat hingga informasi pembayaran yang berada di tangan pihak ketiga. Dari sini, cobalah pertimbangkan opsi untuk menghapus akun belanja yang tidak digunakan.

Adsense

4. Hapus data diri dari situs pengumpulan data
Ada perusahaan yang mengambil data pribadimu, sebut saja data broker. Contoh yang terkenal adalah Spokeo atau PeopleFinder. Namun, untuk menghapus data diri, kamu harus melakukan pengajuan terlebih dahulu. Solusinya, kamu bisa menggunakan layanan jasa penghapusan data yang diambil data broker, misalnya DeleteMe. Akan tetapi, ada tarif yang diambil untuk itu.

5. Hapus log dari situs web lama
Jika ingin menghapus postingan di blog lama, kamu bisa menghubungi webmaster situs tersebut untuk melakukan penghapusan data diri. Cobalah menghubungi kontak yang biasa tertera atau mencari nama domain dari blog tersebut. Meski begitu, operator web pada dasarnya tidak berkewajiban menghapus datamu. Jadi, masih ada kemungkinan bahwa datamu tidak akan dihapus.

6. Minta bantuan Google
Jika ada informasi pribadi terkait nomor bank atau foto yang tidak ingin disebarkan oleh orang lain, kamu bisa mengajukan permohonan ke Google untuk menghapus data tersebut. Kunjungi https://support.google.com/legal/troubleshooter/1114905 untuk menuliskan formulir permohonan.

7. Hapus akun email
Email memuat banyak informasi pribadi tentangmu. Jika benar-benar ingin menghapus data diri di internet, maka langkah ekstrem yang dapat kamu lakukan adalah menghapus akun email. Namun, perlu diingat, butuh waktu beberapa hari agar data dirimu yang ada di internet bisa hilang dari sana.

(Sumber: Detik)

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More