Berbahaya! CEO Google Larang Instal Aplikasi Android di Luar Play Store

57

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, itechmagz.id – Sideload merupakan istilah teknis Google yang mengizinkan pengguna Android menginstal aplikasi dari pihak ketiga di luar Play Store. Meski dibolehkan, sideload aplikasi rupanya dilarang oleh CEO Google, Sundar Pichai.

Seperti dilansir Kumparan, Sundar Pichai sendiri baru saja menjadi saksi dalam sidang kasus gugatan Epic Store pada 14 November 2023 lalu. Dia menyampaikan banyak hal, termasuk pandangan perusahaan soal sideload aplikasi.

Selama kesaksiannya yang disumpah, Pichai meminta pengguna untuk tidak memasang aplikasi dengan cara sideload di smartphone Android. Sebab, ada potensi program jahat akan ikut terinstal.

“Kami tidak ingin membiarkan Anda sepenuhnya berkompromi ponsel Anda sepenuhnya,” kata Pichai, dikutip dari PhoneArena.

Adsense

(Sideload) ini dapat memasang malware di ponsel Anda. Ini benar-benar dapat membahayakan keselamatan Anda, secara signifikan. – Sundar Pichai, CEO Google –

Alasan serupa juga selalu digaungkan oleh Apple. Perusahaan sudah lama melarang pengguna iPhone untuk sideload aplikasi iOS.

Mendiang Steve Jobs, salah satu pendiri Apple, pernah mengatakan App Store dapat memberikan pengalaman pemasangan aplikasi iOS yang aman dan terkurasi bagi pengguna iPhone. Dia menyadari adanya potensi risiko sideload dan percaya proses pemeriksaan Apple dibutuhkan untuk melindungi pengguna dari aplikasi berbahaya.

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More