Huawei Akan Benar-benar Tinggalkan Android

61

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, itechmagz.id – Huawei sudah tak menggunakan Google Play Services sejak 2019, namun masih dapat mendukung beberapa aplikasi Android lain. Kedepannya, Huawei akan benar-benar meninggalkan Android.

Ini adalah rencana jangka panjang Huawei yang dilakukan sejak 2021, tepatnya saat mereka meluncurkan HarmonyOS, sistem operasi “rasa” Android yang tetap mendukung sideload aplikasi Android.

Namun dalam HarmonyOS Next, yang pertama diumumkan pada awal 2023 di konferensi developer Huawei, dukungan Android itu akan dihilangkan.

Kata “Next” di nama OS tersebut berarti HarmonyOS versi murni tanpa libraries Android. Dalam demo hands-on yang dipamerkan di Weibo Agustus lalu, terlihat kalau file APK tak bisa dibuka sama sekali, sekalipun tampilan antarmukanya masih mirip dengan HarmonyOS yang berbasis Android.

Dilansir South China Morning Post, banyak perusahaan teknologi Tiongkok sedang berburu developer untuk membuat aplikasi yang native untuk HarmonyOS. Laporan tersebut juga menyebutkan kalau dukungan aplikasi berbasis Android akan dicabut di OS “Next”, yang bakal tersedia dalam bentuk developer preview mulai awal 2024.

Jadi nantinya aplikasi dengan format APK tak lagi didukung, dan hanya aplikasi dengan format HAP yang didukung, demikian dikutip detikINET dari 9to5Google, Selasa (14/11/2023).

Adsense

Saat ini HarmonyOS terbaru adalah versi 4, yang pertama dirilis 4 Agustus lalu, dan pada awal November lalu, pengunduh HarmonyOS 4 sudah menembus 100 juta.

Jumlah pengunduh tersebut merupakan gabungan antara perangkat lama dan perangkat baru, dan jumlah 100 juta itu terjadi dalam 87 hari sejak HarmonyOS 4 dirilis, dengan dengan jumlah rata-rata 1,1 juta instalasi perhari.

Dalam gelaran Developer Conference 2023, Huawei mengungkap kalau Harmony OS — saat itu — sudah terpasang di lebih dari 700 juta perangkat di seluruh dunia, dari mulai HP, TV, sampai mobil.

HarmonyOS 4 menggunakan Ark Engine baru yang diklaim punya performa 20% lebih baik dibanding pendahulunya. Efeknya, membuka aplikasi bisa lebih cepat dan animasi bisa lebih mulus tanpa menghabiskan lebih banyak daya.

OS ini juga dilengkapi sejumlah optimasi di bagian keamanan, termasuk sistem permission yang lebih baik, peringatan sebelum instalasi aplikasi, dan pembatasan akses terhadap data pribadi.

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More